Xavi Tak Yakin Bisa Sukses Melatih Barcelona

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 04:27 WIB
Xavi Tak Yakin Bisa Sukses Melatih Barcelona Xavi Hernandez dipersiapkan untuk menjadi pelatih Al Sadd. (AFP PHOTO / KARIM JAAFAR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Barcelona Xavi Hernandez tidak yakin bisa sukses melatih di Camp Nou. Xavi juga belum menentukan tanggal gantung sepatu.

Menjadi bagian dari skuat Barcelona sejak 1997, Xavi meninggalkan klub asal Katalonia itu pada 2015 sebagai kapten. Gelandang 38 tahun itu kini berstatus sebagai pemain sekaligus penasihat klub asal Qatar Al Sadd.

Dikutip dari Marca, Xavi mengakui berambisi menjadi pelatih usai memutuskan pensiun. Tapi, gelandang yang sukses merebut gelar Piala Dunia 2010 bersama timnas Spanyol itu tidak yakin bisa melatih Barcelona.


"Sebagai pelatih, kemampuan saya tidak diketahui. Saya bahkan tidak yakin apakah saya bisa menjadi pelatih yang bagus atau tidak. Saya suka sepak bola dan punya banyak pengalaman, tapi saya masih harus membuktikan diri sebagai pelatih," ujar Xavi kepada Mundo Deportivo.

Xavi meninggalkan Barcelona pada 2015.Xavi meninggalkan Barcelona pada 2015. (REUTERS/Gustau Nacarino)
"Saya akan memulai dari nol, tapi hingga saat ini saya belum memulai karier sebagai pelatih. Saya masih berburu gelar sebagai pemain," sambung Xavi.

Xavi sempat dikabarkan akan menjadi pelatih Al Sadd usai musim ini. Tapi, Xavi kemudian menandatangani kontrak dua tahun dengan Al Sadd sebagai pemain pada Mei lalu.

"Saya tentunya masih akan bermain hingga akhir tahun ini. Desember nanti saya akan memutuskan. Jika saya masih bisa bermain seperti saat ini, saya mungkin masih akan bermain hingga paruh musim," ucapnyai.

Xavi juga membantah kabar akan menjadi pelatih timnas Spanyol usai Piala Dunia 2018. "[Kabar] itu omong kosong. Menyenangkan jika orang-orang berpikir seperti itu, tapi saya tidak punya CV untuk melatih timnas Spanyol," tandasnya.

(arh)