Menang di Jerman, Hamilton Diuntungkan Insiden saat Hujan

Arif Hulwan Muzayyin, CNN Indonesia | Minggu, 22/07/2018 22:59 WIB
Lewis Hamilton menjuarai GP Jerman setelah memulai lomba dari posisi 14 karena diuntungkan keluarnya Vettel yang keluar jalur saat hujan. Pebalap Marcedes Lewis Hamilton merayakan kemenangan. (REUTERS/Jean-Paul Pelissier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lewis Hamilton menjuarai GP Jerman lewat kemenangan dramatis setelah pesaing terdekatnya Sebastian Vettel tergelincir dari arena karena guyuran hujan.
Dengan kemenangan ini, Hamilton menguasai klasemen F1 2018 dengan 25 poin, menyalip Vettel yang sebelumnya mengunggulinya sejauh delapan poin.

Selain menyalip raihan poin, kemenangan Hamilton terbilang sensasional karena ia memulai lomba dari posisi ke-14. Sementara, Vettel, yang bertanding di negaranya sendiri, berada di pole position.

Pada GP Jerman ini, Vettel sebenarnya berpeluang mendominasi balapan karena sejak awal dia terus memimpin lomba. Hanya rekannya di Ferrari, Kimi Raikkonen, yang sempat menyalipnya di posisi terdepan.


Saat lomba menyisakan 20 lap, lintasan diguyur hujan deras. Pada lap ke-15, Vettel mulai tampak goyah. Pada tikungan 13 insiden terjadi; Vettel menabrak dinding pembatas. Ia keluar arena tanpa bisa berbuat apapun.

Safety Car masuk lintasan. Balapan pun di-restart. Hamilton melihat peluang. Ia yang mengganti ban mengambil keuntungan dari Kimi Raikkonen yang memakai ban ultrasoft.

Posisi terdepan diambil alih tim Marcedes. Hamilton dan rekan setimnya di Marcedes, Valtteri Botas membuntuti. Raikkonen masih mencoba peruntungannya, namun terpaut cukup jauh.

Hingga lap terakhir, Hamilton tak terkejar. Bottas raih podium dengan selisih waktu 4,535 detik di belakang Hamilton. Sementara, Raikkonen ada di posisi ketiga dengan selisih 6,732 detik dari sang juara.

(arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK