Rossi Gagal Dapat Untung dari Transfer Ronaldo ke Juventus

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Sabtu, 28/07/2018 09:45 WIB
Rossi Gagal Dapat Untung dari Transfer Ronaldo ke Juventus Cristiano Ronaldo dibeli Juventus dari Real Madrid. (REUTERS/Sergei Karpukhin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bintang MotoGP, Valentino Rossi, gagal mendapatkan untung dari transfer Cristiano Ronaldo ke Juventus melalui kerja sama merchandise.

Pada 2015, Juventus melakukan kontrak kerja sama dengan perusahaan merchandise milik Rossi, VR46. Lewat kontrak tersebut pihak VR46 berhak menyuplai merchandise resmi Juventus hingga 2019.

Kedatangan Ronaldo dari Real Madrid membuat Juventus mendapat keuntungan dari penjualan kostum dan merchandise. Juventus dikabarkan berhasil menjual kostum replika Ronaldo hingga €60 juta hanya beberapa kali setelah transfer CR7 terjadi.


Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal dalam sejarah Liga Italia setelah dibeli Juventus.Cristiano Ronaldo menjadi pemain termahal dalam sejarah Liga Italia setelah dibeli Juventus. (REUTERS/Massimo Pinca)
Kondisi itu membuat VR46 sebelumnya dikabarkan akan meraih pendapatan banyak dari penjualan merchandise yang berkaitan dengan Ronaldo. Tapi, media Italia Sportfair mengklaim VR46 tidak akan meraih keuntungan dari transfer Ronaldo.

Kerja sama Juventus dengan VR46 dikabarkan sudah berakhir sejak Maret 2018. Kedua pihak memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan alasan Juventus ingin memproduksi sendiri merchandise yang akan mereka jual.

Valentino Rossi gagal mendapatkan untung dari transfer Cristiano Ronaldo.Valentino Rossi gagal mendapatkan untung dari transfer Cristiano Ronaldo. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Ronaldo dibeli Juventus dari Real Madrid dengan transfer €100 juta. Pemain asal Portugal itu bergabung dengan Juventus setelah sembilan tahun memperkuat Madrid.

VR46 juga menyuplai produk merchandise untuk sejumlah pebalap MotoGP, seperti Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, Alex Rins, dan Aleix Espargaro.

Juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, juga sempat menjalin kerja sama dengan VR46. Tapi, perseteruan dengan Rossi pada MotoGP 2015 membuat Marquez memutuskan untuk mengakhiri kerja sama pada musim 2016. (ptr)