Lewis Hamilton Raih Pole GP Hongaria

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Sabtu, 28/07/2018 21:36 WIB
Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi GP Hongaria di Sirkuit Hungaroring, Sabtu (28/7) malam Waktu Indonesia Barat. Lewis Hamilton mencatat waktu tercepat di kualifikasi GP Hongaria 2018. (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi GP Hongaria di Sirkuit Hungaroring, Sabtu (28/7) malam Waktu Indonesia Barat.

Di lintasan yang basah karena hujan, juara bertahan Formula 1 itu berhasil mencatat waktu satu menit 35,658 detik.

Ini merupakan pole position kelima Hamilton di musim ini setelah GP Australia, Spanyol, Prancis dan Inggris.


Catatan waktu Hamilton lebih cepat 0,260 detik dari rekan satu timnya Valtteri Bottas yang menempati peringkat kedua di sesi kualifikasi.

Hamilton dan Bottas berhasil mengungguli dua pebalap Ferrrari Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel yang harus puas start dari posisi ketiga dan keempat pada balapan yang berlangsung Minggu (29/7) malam.

Lewis Hamilton menempati posisi start terdepan di GP Hongaria.Lewis Hamilton menempati posisi start terdepan di GP Hongaria. (REUTERS/Hamad I Mohammed)
Raikkonen terpaut 0,528 detik dari Hamilton, sementara Vettel kalah cepat 0,552 detik dari Hamilton yang juga merupakan pesaingnya di klasemen pebalap sementara.

"Kami tidak mengharapkan ini. Pebalap-pebalap Ferrari sungguh sangat cepat di sepanjang akhir pekan ini, tapi peluang terbuka dan ini adalah kualifikasi yang cukup adil," ujar Hamilton usai kualifikasi seperti dikutip dari Autosport.

Posisi lima besar pada sesi kualifikasi ditempati pebalap Renault Carlos Sainz. Perbedaan waktu Sainz dengan Hamilton mencapai satu detik.

Bahkan penghuni posisi start keenam, Pierre Gasly berselisih hampir dua detik dari Hamilton.

Sedangkan Max Verstappen, Brendon Hartley, Kevin Magnussen, dan Romain Grosjean secara berurutan melengkapi peringkat ketujuh hingga kesepuluh di sesi kualifikasi.

10 Besar Kualifikasi GP Hongaria 2018

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1 menit 35,658 detik
2. Valtteri Bottas (Mercedes) +0,260 detik
3. Kimi Raikkonen (Ferrari) +0,528 detik
4. Sebastian Vettel (Ferrari) +0,552 detik
5. Carlos Sainz (Renault) +1,085 detik
6. Pierre Gasly (Toro Rosso) +1,933 detik
7. Max Verstappen (Red Bull) +2,374 detik
8. Brendon Hartley (Toro Rosso) +2,470 detik
9. Kevin Magnussen (Haas) +4,200 detik
10. Romain Grosjean (Haas) +4,935 detik (nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK