Jelang Lawan Arema, Teco Puji Keakraban Jakmania dan Aremania

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Sabtu, 04/08/2018 19:26 WIB
Jelang Lawan Arema, Teco Puji Keakraban Jakmania dan Aremania Teco berharap suporter Persija mendapatkan hiburan dari laga Arema vs Persija. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Persija Jakarta Stefano 'Teco' Cugurra memuji keakraban kelompok suporter The Jakmania dan Aremania jelang pertandingan melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Minggu (5/8).

Antara Jakmania dan Aremania hampir tidak pernah terlibat perselisihan. Kedua kelompok suporter itu kerap saling membantu ketika salah satu pihak tengah memberikan dukungan dalam laga tandang.

Hal itu juga yang tidak luput dari perhatian Teco jelang pertandingan Arema vs Persija. Pelatih asal Brasil itu berharap, kedua kelompok suporter mendapatkan hiburan yang sepadan dari permainan Arema dan Persija.


"Kami tahu stadion pasti akan penuh. Dua suporter sangat akrab, tentu itu hal bagus. Mudah-mudahan kedua tim bisa bermain bagus demi suporter yang sudah datang ke stadion. Saya juga mengharapkan wasit bisa mengontrol sekaligus adil dalam pertandingan," ujar Teco.

Teco memiliki alasan menyoroti kinerja wasit yang akan memimpin pertandingan nanti. Pasalnya, laga ini penting untuk kedua tim. Persija bertekad melanjutkan tren positif, sementara Arema ingin bangkit di putaran kedua, sehingga tidak ingin malu di depan publik sendiri.

Teco memuji keakraban suporter Persija dengan suporter Arema.Teco memuji keakraban suporter Persija dengan suporter Arema. (Martinus Adinata)
"Wasit pasti mendapat tekanan saat stadion penuh. Dia harus tenang agar bisa mengontrol pertandingan. Dia [harus] bisa mengontrol emosi dari kedua tim. Saya pikir wasit harus memimpin dengan adil. Saya berpikir positif saja wasit bisa memimpin laga dengan baik," Teco menuturkan.

Pelatih 44 tahun itu menilai Macan Kemayoran memiliki modal bagus untuk melawan Arema. Persija datang ke Malang berbekal dua kemenangan atas Mitra Kukar (2-0) dan Bhayangkara FC (1-0).

Arema sendiri akan menghadapi Persija dengan latar belakang catatan yang kurang bagus setelah kalah 3-4 dari Mitra Kukar. Kendati demikian, Teco mengaku siap mengantisipasi kebangkitan Arema di laga nanti.
Persija membidik kemenangan ketiga beruntun.Persija membidik kemenangan ketiga beruntun. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Arema punya beberapa pemain yang sangat bagus. Saya sudah pernah bertemu mereka. Saya lihat juga ada perubahan [Arema] di putaran kedua ini. Beberapa pemain lokal yang pastinya membuat tim ini lebih kuat," Teco menuturkan.

Teco menyebut Arema memiliki semangat tinggi untuk bisa memenangkan pertandingan lantaran tampil di hadapan suporternya. Karena itu ia berharap pemainnya tampil konsisten supaya bisa meneruskan tren positif yang diraih di dua pertandingan sebelumnya.

Dalam pertandingan nanti Teco kehilangan dua pemainnya, kiper Andritany Ardiyasa dan Rezaldi Hehanusa yang tengah bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018.

Hapus Rekor Buruk

Sementara, kiper anyar Persija Shahar Ginanjar mengatakan timnya siap menghapus rekor buruk dari Arema. Dari tujuh pertemuan sebelumnya, Persija meraih dua kemenangan, tiga kekalahan dan tiga hasil imbang.

"Tapi InsyaAllah di pertandingan ini kami ingin menghapus rekor itu. Mudah-mudahan kita bisa mencuri poin di sini. Bukan buat saya saja, buat pemain Persija lainnya yang main besok pasti jadi motivasi yang lebih buat pertandingan," ujar Shahar. (sry)