Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 Resmi Dikukuhkan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 06/08/2018 01:03 WIB
Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 Resmi Dikukuhkan Kontingen Indonesia untuk Asian Games 2018 resmi dikukuhkan pada Minggu (5/8). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah resmi mengukuhkan kontingen Indonesia termasuk 938 atlet yang akan berlaga di Asian Games 2018 di Istora Senayan, Minggu (5/8).

Upacara pengukuhan itu dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Dalam pidatonya Puan menyampaikan selamat kepada para atlet dan tim ofisial karena resmi mewakili Indonesia di Asian Games 2018.


"Selamat kepada kalian karena bisa mewakili. Ini adalah tanggung jawab, tapi kalian patut bangga karena kalian punya prestasi mewakili Indonesia," kata Puan, Minggu (5/8).

Ia pun meminta agar tim yang tergabung meliputi atlet, ofisial, hingga pelatih dari masing cabang olahraga yakin untuk menghadapi kompetisi ini. Terlebih Indonesia sendiri menjadi tuan rumah Asian Games edisi ke-18 tersebut.

Tiga atlet mewakili kontingen Indonesia dalam pembacaan janji di acara pengukuhan.Tiga atlet mewakili kontingen Indonesia dalam pembacaan janji di acara pengukuhan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
"Bertanding sebaik mungkin, berjuanglah sekuat tenaga," ucapnya.

Selain Puan, turut hadir pula dalam pengukuhan ini Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Kontingen Asian Games Komisaris Jenderal Syafruddin dan Ketua Inasgoc Erick Thohir.

Pada acara tersebut, para pejabat pemerintah itu juga menandatangani plakat atas peresmian dari kontingen Asian Games 2018 dan diakhiri penyerahan bendera merah putih.

Jumlah atlet Indonesia yang tampil di Asian Games 2018 jauh lebih banyak dibanding saat di Asian Games 2014 yang hanya 188 atlet.Jumlah atlet Indonesia yang tampil di Asian Games 2018 jauh lebih banyak dibanding saat di Asian Games 2014 yang hanya 188 atlet. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Para atlet yang diwakili Mutiara Hanibah dari taekwondo, Amalia Fajrina dari voli, dan Lalu M Zohri dari atletik, mengucapkan janji dalam acara seremonial itu.

Asian Games 2018 mempertandingkan 40 cabang olahraga yang terbagi ke dalam 463 nomor pertandingan. Terdapat 17 ribu atlet yang akan berlaga di ajang ini dengan peserta dari 46 negara, termasuk Indonesia. Semuanya akan berlomba untuk memperebutkan 465 medali emas.

Jika pada empat tahun lalu Indonesia mengirim 188 atlet, kini jumlah atlet naik menjadi 938 orang. Jumlah itu belum ditambah dengan 365 ofisial, serta 80 headquarter. (sry)