Liverpool Paling Boros di Bursa Transfer Liga Inggris

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 12:02 WIB
Liverpool Paling Boros di Bursa Transfer Liga Inggris Liverpool sudah belanja lebih dari Rp3 triliun di bursa transfer musim panas. (Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool menjadi klub yang paling boros belanja di bursa transfer musim panas Liga Primer Inggris dengan pengeluaran yang mencapai £163,98 juta atau setara dengan Rp3,036 triliun.

The Reds tahu betul perlu kedalaman skuat yang cukup untuk bisa bersaing di kompetisi domestik terutama Liga Primer Inggris dan Eropa.

Karena itu, manajer Juergen Klopp pun melakukan sejumlah pembelian di sektor yang dianggap vital untuk timnya di musim ini. Dengan dana lebih dari £163 juta Liverpool sukses mendatangkan empat pemain.


Kiper Alisson Becker merupakan pembelian termahal Liverpool di bursa transfer kali ini dengan harga £56,25 seperti dikutip dari Transfermarkt. Kiper merupakan sektor yang vital untuk Liverpool dan menjadi kebutuhan mendesak untuk bisa bersaing menuju gelar juara musim ini.

Selain Liverpool, klub-klub papan atas yang mendatangkan banyak pemain adalah Arsenal. Total ada lima pemain yang direkrut manajer baru Unia Emery dengan biaya mencapai £71,1 juta. Termasuk bek veteran Stephan Lichtsteiner yang didapatkan secara gratis dari Juventus.

Manchester United hanya mendatangkan tiga pemain di bursa transfer.Manchester United hanya mendatangkan tiga pemain di bursa transfer. (Jasen Vinlove-USA TODAY Sports)
Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, juara bertahan Liga Inggris Manchester City hanya mengeluarkan £64,07 juta. Riyad Mahrez adalah pembelian bagus yang dilakukan Man City guna menajamkan lini serang mereka.

Rival sekota Man City, Manchester United, juga tidak jor-joran pada kesempatan ini. Tim asuhan Jose Mourinho itu hanya membeli tiga pemain baru, Fred, Diogo Dalot, dan kiper Lee Grant dengan biaya mencapai £74,43 sedikit lebih besar atas Man City.

Sayangnya, keinginan Mourinho mendapatkan bek tengah sebelum kompetisi dimulai tidak kesampaian. Hingga bursa transfer Liga Inggris ditutup pada Kamis (9/8) sore waktu setempat, tidak ada pemain baru yang merapat ke Setan Merah.
Pelatih Marco Silva berhasil mendatangkan Yerry Mina dan Andre Gomes di penutupan bursa transfer.Pelatih Marco Silva berhasil mendatangkan Yerry Mina dan Andre Gomes di penutupan bursa transfer. (AFP PHOTO / Jean-Francois MONIER)
Chelsea juga melakukan hal yang tidak jauh berbeda dengan Man United. The Blues hanya mendatangkan tiga pemain, dua di antaranya Kepa Arrizabalaga dan Jorginho. Tetapi, kedatangan Kepa merupakan pengganti dari Thibaut Courtois yang pindah ke Real Madrid.

Sedangkan Tottenham Hotspur menjadi satu-satunya klub papan atas yang tidak melakukan pembelian pemain. Selain itu tidak ada juga pemain yang keluar dari klub berjuluk The Lilywhites ini.

Pada penutupan bursa transfer semalam, kejutan datang dari Everton yang mendapatkan duo Barcelona. The Toffees mendatangkan Yerry Mina dengan harga £27,23 sedangkan Andre Gomes merupakan pemain pinjaman.

Raul Jimenez merupakan pemain baru Wolverhampton di musim ini dengan status pinjaman.Raul Jimenez merupakan pemain baru Wolverhampton di musim ini dengan status pinjaman. (Reuters/John Clifton)
Everton juga mendapatkan winger Bernard secara gratis dari Shakhtar Donetsk. Sebelumnya Merseyside biru sudah merekrut Lucas Digne dan Richarlison dengan total belanja mencapai £80,69.

Sementara itu, pemborosan ternyata tidak saja milik klub-klub papan atas. Klub promosi seperti Fulham telah mengeluarkan uang mencapai £102,38 juta untuk merekrut tujuh pemain di bursa transfer musim ini.

Tidak ingin kalah, Wolverhampton Wanderers juga melakukan banyak pembelian dengan biaya mencapai £60,3 juta. Pelatih Wolves Nuno Espirito Santo mendatangkan delapan pemain untuk membuat timnya bersaing di Liga Inggris musim ini. (bac)