Menjadi Pandit, Pirlo Batal Bergabung dengan Timnas Italia

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 23:41 WIB
Menjadi Pandit, Pirlo Batal Bergabung dengan Timnas Italia Andrea Pirlo batal menjadi asisten Roberto Mancini di timnas Italia. (Alexander Hassenstein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan gelandang timnas Italia Andrea Pirlo tidak akan kembali bergabung dalam skuat Gli Azzurri sebagai asisten pelatih karena terikat kontrak dengan salah satu sponsor.

Pirlo semula diincar menjadi asisten pelatih timnas Italia oleh Roberto Mancini yang telah ditunjuk sebagai pelatih La Nazionale pada 14 Mei 2018. Hal tersebut urung terjadi karena mantan pemain Internazionale, Milan, dan Juventus itu menjadi pandit di Sky Italia.

Federasi sepak bola Italia (FIGC) berencana menunjuk mantan asisten Mancini di Manchester City dan Zenit Saint Petersburg, Angelo Gregucci, yang telah menemani Mancini dalam tiga laga timnas Italia pada Mei dan Juni.


Pirlo menyesalkan FIGC tidak memberitahukan kesepakatan tampil di televisi menjadi komentator untuk Liga Champions bisa membatalkan rencananya kembali ke timnas Italia.

Andrea Pirlo menjadi salah satu pemain yang mengantar Italia menjadi juara di Piala Dunia 2006.Andrea Pirlo menjadi salah satu pemain yang mengantar Italia menjadi juara di Piala Dunia 2006. (AFP PHOTO DANIEL GARCIA)
"Sejak pertemuan pertama, saya telah memastikan saya akan memberikan waktu saya secara maksimal meskipun di saat yang bersamaan saya memiliki komitmen dengan sponsor dan partner di luar sepak bola, yang telah saya bangun cukup lama, termasuk perjanjian dengan Sky," kata Pirlo dikutip dari ANSA.

"Jadi jika ini menjadi ganjalan bagi kami untuk mencapai kesepakatan, saya akan mengetahuinya. Sebaliknya, saya diberitahu tidak ada masalah dan itulah mengapa kami melanjutkan kerja sama," sambungnya.

Gagal menjadi asisten Mancini, Pirlo menegaskan tetap memiliki keinginan kuat menjadi sosok di balik timnas Italia pada masa yang akan datang.

"Keinginan saya untuk menjadi bagian dari timnas Italia tetap utuh, dan saya akan terus mengikuti perkembangan mereka dengan sepenuh hati dan berharap mereka bisa meraih hasil terbaik," ucap gelandang yang pernah menjadi motor timnas Italia itu.

Setelah pensiun dari lapangan hijau pada 2017, Pirlo belum memiliki pengalaman menjadi pelatih meskipun telah memiliki sertifikat sebagai juru latih. (nva)


BACA JUGA