Lionel Messi Resmi Menjadi Kapten Utama Barcelona

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Sabtu, 11/08/2018 01:26 WIB
Lionel Messi Resmi Menjadi Kapten Utama Barcelona Lionel Messi gantikan posisi Andres Iniesta di Barcelona. (Reuters/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Megabintang sepak bola asal Argentina, Lionel Messi, menjadi kapten utama Barcelona menyusul kepergian Andres Iniesta dari klub juara bertahan La Liga tersebut.

Messi yang berkostum blaugrana sejak 2005 sudah merasakan kepemimpinan senior-seniornya seperti Carles Puyol, Xavi Hernandez, dan Iniesta.

Ban kapten pun telah melingkar beberapa kali di lengan Messi sejak 2015 ketika menjadi deputi kapten Barcelona.


Menjadi kapten utama bukan pengalaman baru bagi Messi, karena pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu sudah lebih dulu berpengalaman sebagai pemimpin di timnas Argentina.

Menggantikan posisi Messi sebagai kapten kedua adalah Sergio Busquets. Sejak musim 2014/2015, gelandang tengah itu sudah menjadi salah satu kapten cadangan Barcelona.

Sergio Busquets (tengah) sudah menjabat sebagai salah satu wakil kapten Barcelona sejak musim 2014/2015.Sergio Busquets (tengah) sudah menjabat sebagai salah satu wakil kapten Barcelona sejak musim 2014/2015. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Sedangkan Gerard Pique menjabat kapten ketiga Barcelona. Penunjukkan Pique sebagai kapten bertepatan dengan 10 tahun bek tengah itu bergabung dari Manchester United.

Sergi Roberto menjadi kapten keempat menggantikan posisi Javier Mascherano yang hengkang pada pertengahan musim lalu. Pemain yang bisa berperan sebagai full back dan gelandang itu sudah menjadi kapten ketika Barcelona menjalani laga pramusim di Amerika Serikat.

Menurut situs resmi Barcelona ini merupakan kali pertama terdapat empat kapten yang berasal dari akademi La Masia setelah musim 2014/2015. Ketika itu jabatan kapten secara beruntun dipegang Xavi, Iniesta, Messi, dan Busquets.

Di antara keempat kapten Barcelona pada musim ini, Pique merupakan generasi La Masia yang paling senior karena telah bergabung sejak 1997 disusul Messi yang masuk pada 2001. Sementara Busquets tercatat sebagai angkatan 2005 dan Sergi menyusul setahun setelahnya. (nva)