Thailand Tak Takut Ribuan Suporter Timnas Indonesia U-16

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Sabtu, 11/08/2018 14:37 WIB
Thailand Tak Takut Ribuan Suporter Timnas Indonesia U-16 Thailand tak gentar menghadapi suporter Timnas Indonesia U-16 dan memilih fokus menghadapi 11 pemain di lapangan. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapten Timnas Thailand U-16 Thanarin Thumsen tak gentar menghadapi tekanan ribuan suporter tuan rumah ketika menghadapi Timnas Indonesia U-16 pada final Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8).

Timnas Thailand U-16 lolos ke partai puncak usai mengalahkan Myanmar dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Delta pada Kamis (9/1). Di hari yang sama, Timnas Indonesia U-16 menumbangkan Malaysia dengan kemenangan tipis 1-0.


"Pertemuan dengan Indonesia ini adalah yang terakhir dalam turnamen Piala AFF U-16 2018. Kami akan membawa pulang gelar juara ke Thailand," kata Thumsen seperti yang dikutip dari situs resmi Asosiasi Sepak bola Thailand pada Sabtu (11/8).


Timnas Indonesia U-16 selalu mendapat dukungan penuh dari suporter.Timnas Indonesia U-16 selalu mendapat dukungan penuh dari suporter. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
"Soal suporter tuan rumah, kami harus mengesampingkan mereka yang berada di luar lapangan. Ada 11 orang di dalam lapangan yang perlu kami hadapi dengan penuh konsentrasi," ucapnya menambahkan.

Timnas Indonesia U-16 selalu mendapat dukungan ribuan suporter dalam perjalanan mereka di Piala AFF U-16. Stadion berkapasitas hingga 35 ribu penonton tersebut selalu penuh.

"Dalam menghadapi penggemar yang banyak, tidak hanya kapten dan pelatih tapi semua yang ada di tim ini butuh bantuan [untuk menghadapi tekanan suporter]. Pertandingan ini adalah yang terakhir. Kami harus berjuang hingga titik darah penghabisan untuk menjadi juara," ucap pemain berusia 16 tahun dari Bangkok United Academy tersebut.

Thailand mewaspadai kecepatan pemain-pemain Timnas Indonesia U-16.Thailand mewaspadai kecepatan pemain-pemain Timnas Indonesia U-16. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Thumsen mengakui mengalahkan Timnas Indonesia U-16 bukan hal yang mudah. Ia menilai permainan tim asuhan Fakhri Husaini itu cukup cepat.

"Penting bagi kami untuk mencoba bermain cepat juga, dan menyelesaikannya [gol] dengan tajam," ucapnya melanjutkan.

Hingga saat ini, Thailand tercatat mengoleksi tiga gelar juara di kancah Piala AFF U-16, yaitu pada tahun 2007, 2011, dan 2015. Pada perhelatan tahun lalu, Thailand U-16 harus puas menempati peringkat kedua menyusul kekalahan adu penalti dari Australia U-16 di partai pamungkas.

Tahun ini, Thailand menjadi kesebelasan yang paling sedikit kebobolan. Tim muda Gajah perang hanya kebobolan dua kali. (ptr)