Terpuruk Jelang MotoGP Austria, Rossi Teringat Musim 2004

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Minggu, 12/08/2018 15:26 WIB
Terpuruk Jelang MotoGP Austria, Rossi Teringat Musim 2004 Valentino Rossi start dari posisi ke-14 pada balapan MotoGP Austria 2018. (REUTERS/Lisi Niesner)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi teringat musim 2004 setelah terpuruk jelang balapan MotoGP Austria 2018, Minggu (12/8), dengan start dari posisi ke-14.

Rossi meraih start terburuknya sejak MotoGP Australia 2016 setelah hanya berada di posisi ke-14 pada babak kualifikasi MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (11/8). Sementara rekan setim Rossi, Maverick Vinales, akan start dari posisi 11.

Pihak Yamaha di hadapan awak media kemudian minta maaf kepada Rossi dan Vinales usai terpuruk sepanjang latihan bebas hingga babak kualifikasi MotoGP Austria. Pasalnya, untuk kali pertama sejak musim 2008 dua pebalap pabrikan Yamaha gagal start dari posisi sepuluh besar usai menjalani babak kualifikasi di trek kering.


Rossi mengklaim masalah akselerasi dan perangkat elektronik membuat Yamaha tidak mampu bersaing dengan Honda dan Ducati musim ini hingga terpuruk jelang MotoGP Austria. Tapi, The Doctor tetap yakin Yamaha bisa mengatasi masalah yang ada.

Valentino Rossi gagal melewati Q1 MotoGP Austria 2018.Valentino Rossi gagal melewati Q1 MotoGP Austria 2018. (REUTERS/Lisi Niesner)
"Ketika saya kali pertama datang ke tim ini, dulu kala pada 2004, Yamaha ketika itu jauh lebih buruk daripada saat ini. Tapi, dalam satu tahun mereka bereaksi dengan kuat," ujar Rossi dikutip dari Crash.

"Ketika itu Yamaha membangun organisasi berbeda, menaruh uang lebih banyak, orang lebih banyak, dan dalam satu tahun kami mampu membuat M1 2005, M1 terbaik yang pernah saya tunggangi. Jadi, kami harus mencoba usaha yang sama," sambung Rossi.

Valentino Rossi tertinggal 49 poin dari Marc Marquez di klasemen MotoGP 2018.Valentino Rossi tertinggal 49 poin dari Marc Marquez di klasemen MotoGP 2018. (REUTERS/Fabrizio Bensch)
Saking buruknya sepeda motor M1, Rossi bahkan tidak mampu melewati Q1 di babak kualifikasi MotoGP Austria. Pebalap 39 tahun itu menganggap tidak ada perbaikan dalam masalah akselerasi di sepeda motor M1.

"Bagi saya situasi (akselerasi) sangat sama sejak Agustus-September tahun lalu. Saya selalu merasakan hal yang sama. Di sejumlah trek kami benar-benar menderita. Enam hari lalu (di MotoGP Ceko) saya start dari barisan depan, sekarang di barisan kelima," ucap Rossi.

Start dari posisi ke-14 membuat Rossi semakin sulit memangkas jarak dengan Marc Marquez di klasemen sementara MotoGP 2018. Rossi saat ini tertinggal 49 poin dari Marquez di puncak klasemen.

Balapan MotoGP Austria 2018 malam ini bisa disaksikan secara live streaming melalui CNNIndonesia.com. (har)