Kemenpora Pastikan Bonus Merata untuk Timnas Indonesia U-16

Ahmad Bachrain, CNN Indonesia | Selasa, 14/08/2018 13:04 WIB
Kemenpora Pastikan Bonus Merata untuk Timnas Indonesia U-16 Timnas Indonesia U-16 bakal mendapat bonus secara merata dari Kemenpora RI. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj/18)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Kemenpora RI, Gatot S. Dewa Broto, memastikan seluruh pemain Timnas Indonesia U-16 bakal mendapat bonus secara merata setelah juara Piala AFF U-16.

Pernyataan tersebut sekaligus untuk mengklarifikasi pemberitaan sebelumnya yang menyebut hanya para pemain Garuda Asia dari Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) yang akan mendapat bonus.

Di timnas Indonesia U-16 sendiri terdapat beberapa pemain yang berasal dari PPLP. Mereka adalah Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh Trisnanda, Mochammad Supriadi yang berasal dari PPLP Jakarta (Ragunan), Ernando Ari Sutaryadi (PPLP Jawa Tengah), dan David Maulana (PPLP Medan).


Kemenpora Pastikan Bonus Merata untuk Timnas Indonesia U-16Timnas Indonesia berhasil meraih juara Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Thailand di final melalui adu penalti. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
"Semua dapat bonus sama baik [para pemain] PPLP maupun non-PPLP," terang Gatot melalui pesan singkatnya kepada CNNIndonesia.com.

Soal bentuk bonus dan nonimal bonus yang akan diberikan Kemenpora itu, Gatot mengatakan saat ini masih dalam proses pembahasan.

Pelatih timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini sendiri belum mendapat kabar dari Kemenpora terkait bonus untuk Garuda Asia.

Fakhri sempat kecewa saat mengetahui bahwa bonus yang akan diberikan Kemenpora RI hanya akan diberikan kepada para pemain dari PPLP.

"Seharusnya memang tidak bisa begitu [pembedaan dalam memberikan bonus] karena bisa merusak keutuhan tim yang dengan susah payah sudah kami bangun."

"Tak ada pembedaan di antara kami karena ini permainan tim. Kami berharap hal itu bisa dimengerti," ucap Fakhri.

Sebelumnya, Kemenpora tak memberikan bantuan pendanaan kepada timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16. Skuat Merah Putih sendiri tetap meraih juara meski tak ada dukungan dana dari pemerintah.

Kemenpora baru berencana akan memberikan bantuan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk Garuda Asia berlaga di Piala Asia U-16. (bac)