Mario Mandzukic Pensiun dari Timnas Kroasia

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Selasa, 14/08/2018 21:42 WIB
Mario Mandzukic Pensiun dari Timnas Kroasia Mario Mandzukic memutuskan pensiun dari timnas Kroasia. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang Mario Mandzukic memutuskan pensiun dari timnas Kroasia usai membawa negara tersebut menjadi runner up Piala Dunia 2018.

Mandzukic mengakhiri masa baktinya bersama timnas Kroasia pada Selasa (14/8) waktu setempat setelah 11 tahun jadi andalan lini depan.

Pemain 32 tahun itu melakoni debut bersama timnas Kroasia pada 17 November 2007 saat menghadapi Makedonia di kualifikasi Piala Eropa di bawah pelatih Slaven Bilic.


Mantan pemain Atletico Madrid dan Bayern Munchen mengaku kesulitan menulis kalimat perpisahan dengan timnas Kroasia. Mandzukic merasa lebih senang berlari dan bermain selama 120 menit, mencetak gol, hingga mendengarkan lagu kebangsaan sebelum kick off.

"Karena saya sadar betapa terhormat mengenakan kaus Kroasia dan mewakili negara. Lebih sulit, karena saya sadar bahwa ini adalah keputusan akhir, dan tidak mungkin direvisi lagi," ucap Mandzukic dikutip dari situs resmi klub.

Mario Mandzukic mencetak tiga gol di Piala Dunia 2018.Mario Mandzukic mencetak tiga gol di Piala Dunia 2018. (REUTERS/Darren Staples)
"Tetapi, saya sadar bahwa inilah saatnya untuk mengatakannya: Saya pensiun dari skuad Kroasia," Mandzukic menegaskan.

Pemain kelahiran Slavonski Brod itu menilai medali perak atau runner up Piala Dunia 2018 memberikan energi baru untuknya. Tetapi, karena prestasi itu Mandzukic lebih mudah memutuskan untuk pensiun.

Pasalnya, runner up Piala Dunia 2018 merupakan pencapaian terbaik tim berjuluk Vatreni itu setelah sebelumnya mereka  meraih peringkat ketiga pada Piala Dunia 1998.

Timnas Kroasia menjadi runner up Piala Dunia 2018 sebagai pencapaian terbaik Vatreni.Timnas Kroasia menjadi runner up Piala Dunia 2018 sebagai pencapaian terbaik Vatreni. (REUTERS/Antonio Bronic)
"Kami telah mewujudkan impian, meraih kesuksesan bersejarah, dan mengalami dukungan dari penggemar yang luar biasa,' ucap Mandzukic.

"Pada bulan itu [Juli], termasuk sambutan di Zagreb, Slavonski Brod, dan seluruh Kroasia, akan tetap menjadi kenangan paling penting dalam karier saya. Ini adalah perjalanan timnas yang paling indah, dan menjadi favorit bagi saya," Mandzukic menambahkan.

Dikutip dari Transfermarkt, selama lebih dari 10 tahun berkarier dengan timnas Kroasia Mandzukic sudah tampil dalam 89 pertandingan dengan mencetak 33 gol dan memberikan 9 assist.

Selain tampil di Piala Dunia 2018, Mandzukic juga berpartisipasi di Piala Eropa 2012, Piala Dunia 2014, dan Piala Eropa 2016. Tidak saja menutup kariernya dengan runner up Piala Dunia, Mandzukic juga mencetak satu gol di final turnamen empat tahunan itu. (ptr)