Catatan Buruk Timnas Indonesia U-23 Era Milla Lawan Tim Arab

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 12:20 WIB
Catatan Buruk Timnas Indonesia U-23 Era Milla Lawan Tim Arab Rezaldi Hehanusa dan kawan-kawan sudah dibekali pengalaman menghadapi kesebelasan asal Asia Barat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Luis Milla mengagendakan banyak uji tanding bagi Timnas Indonesia U-23, termasuk menghadapi kesebelasan-kesebelasan asal Asia Barat yang selalu berakhir dengan kekalahan.

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi salah satu tim Arab di Asian Games 2018 pada laga kedua Grup A. Setelah meraih kemenangan 4-0 atas Taiwan, Febri Hariyadi dan kawan-kawan akan bertemu Palestina.

Skuat Garuda dan Tim Singa Kanaan bersaing dalam perebutan puncak klasemen sementara. Palestina yang sudah bermain dua kali berhasil mengumpulkan empat poin atau unggul satu poin atas Indonesia yang baru bermain satu kali.


Tim-tim Arab kerap menampilkan permainan yang mengandalkan postur dengan menerapkan umpan-umpan lambung untuk menembus pertahanan Timnas Indonesia.

Tim Merah Putih yang berada di bawah arahan Luis Milla pernah mengadakan tiga laga uji tanding menghadapi tim dari Asia Barat. Dua dari tiga laga tersebut dilakoni oleh Timnas Indonesia U-23.

Septian David Maulana mencetak gol ke gawang timnas Suriah pada laga uji tanding.Septian David Maulana mencetak gol ke gawang timnas Suriah pada laga uji tanding. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Suriah menjadi lawan pertama yang berasal dari jazirah Arab. Dalam pertandingan yang berlangsung 16 November di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Timnas Indonesia U-23 sempat menyamakan skor melalui Septian David Maulana dan Osvaldo Haay setelah dua kali tertinggal, namun gol ketiga Suriah tidak mampu dibalas dan hasil akhir menjadi 2-3.

Dua hari berselang, Timnas Indonesia dan Suriah kembali bertemu di Stadion Wibawa Mukti. Beberapa pemain di bawah usia 23 tahun duduk di bangku cadangan melapis para senior dalam laga yang berkesudahan dengan kekalahan 0-1 tuan rumah dari tim tamu.

Pertandingan kedua Timnas Indonesia U-23 menghadapi lawan asal Asia Barat terjadi ketika menjamu Bahrain pada PSSI Anniversary Cup, April 2017.

Kekalahan tipis kembali diderita anak asuh Milla. Sebuah gol Bahrain di menit-menit awal pertandingan menjadi pembeda.

Dalam fase grup Asian Games 2018, Palestina menjadi satu-satunya lawan asal Asia Barat yang harus dihadapi Indonesia. Tiga pesaing lain di Grup A berasal dari Asia Timur (Taiwan dan Hong Kong) dan Asia Tenggara (Laos). (jun)