Menanti Peran Baru Septian David di Asian Games 2018

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 15/08/2018 13:41 WIB
Menanti Peran Baru Septian David di Asian Games 2018 Septian David Maulana tergusur karena kehadiran Stefano Lilipaly. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rencana pelatih Timnas Indonesia U-23 untuk mencoba strategi false nine lawan Palestina bisa jadi keuntungan bagi sejumlah pemain, termasuk Septian David Maulana. Gelandang serang Mitra Kukar itu berpeluang untuk tampil sejak menit awal.

Sehari jelang pertandingan melawan Palestina, pelatih Luis Milla melalui asistennya, Bima Sakti, mengatakan skuat Garuda berpeluang melakukan rotasi pemain termasuk memainkan strategi false nine.

Jika benar diterapkan, maka keputusan ini bisa jadi kesempatan emas bagi Septian David untuk unjuk gigi. Apalagi posisinya sebagai gelandang serang di skuat Garuda Muda mulai tergusur pemain senior, Sefano Lilipaly.


Lilipaly pun menunjukkan performa menawan dengan torehan dua gol dan satu assist saat Timnas Indonesia sukses melumat Taiwan 4-0. Pemain Bali United itu sukses memerankan tugas sebagai second striker di belakang Alberto Goncalves.

Septian David Maulanan merupakan top skor Timnas U-23 era Luis Milla.Septian David Maulana merupakan top skor Timnas U-23 era Luis Milla. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Meski demikian, Septian David masih punya kans tampil sebagai starter bila Milla benar-benar melakukan rotasi pemain. Septian bisa kembali menempati posisi alamiahnya sebagai gelandang serang jika Lilipaly disimpan di bangku cadangan.

Opsi kedua, Septian David bisa diplot sebagai false nine didukung Lilipaly yang tetap bermain di posisi second striker. Duet Septian David dan Lilipaly terbilang menarik mengingat gaya bermain keduanya terbilang mirip.

Septian David juga bisa memerankan tugas penyerang di lini kedua jika Ilham Udin Armaiyn yang dimainkan sebagai 'striker palsu'. Strategi ini sudah pernah dicoba Luis Milla di beberapa laga uji coba sebelumnya.

Septian DavidSeptian David bisa bermain di beberapa posisi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Septian sebenarnya bisa bermain di berbagai posisi, termasuk di sektor sayap. Namun, ia sudah terbiasa bermain sebagai penyerang lubang sejak SEA Games 2017 di bawah arahan Luis Milla.

Kehadiran Lilipaly mulai menggeser peran Septian David yang sebelumnya jadi andalan Luis Milla. Padahal pemain kelahiran Semarang 21 tahun silam itu tercatat sebagai top skor Timnas U-23 arahan Luis Milla dengan koleksi tujuh gol.

Menarik dinanti peran baru untuk Septian David saat Timnas Indonesia U-23 menghadapi Palestina U-23 dalam lanjutan Grup A Asian Games 2018 yang akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (15/8) malam. Sebelumnya Luis Milla sudah memberikan sinyal akan merotasi pemain dan mencoba menggunakan strategi baru. (nva)