Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Games 2018

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Sabtu, 18/08/2018 20:28 WIB
Presiden Jokowi Resmi Buka Asian Games 2018 Pembukaan upacara Asian Games digelar di Stadion GBK pada Sabtu (18/8). (REUTERS/Issei Kato)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo resmi membuka pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018.

Dalam pidato di upacara pembukaan Asian Games yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8) malam, ia hanya mengucapkan beberapa kalimat pendek.

"Kita bangga kedatangan tamu-tamu istimewa dari 45 negara. Dalam Asian Games 2018, kita bangsa-bangsa seasia ingin menunjukkan bahwa kita bersaudara, kita bersatu, kita ingin meraih prestasi," ujar Jokowi yang mengenakan pakaian formal setelan jas hitam.


"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Asian Games ke-18 saya nyatakan dibuka."
 

Asian Games yang diikuti 17 ribu atlet dari 45 negara resmi dibuka pada Sabtu malam ini. Upacara pembukaan diawali Tarian Saman yang dibawakan ribuan penari, kemudian diikuti oleh parade dari negara-negara peserta.

Jokowi memberikan sambutan pembukaan setelah Erick Thohir selaku Ketua Panitia Penyelenggara INASGOC dan Presiden Komite Olimpiade Asia Sheikh Fahad Al-Sabah.

Indonesia sendiri mengirimkan 931 atlet dengan didukung 400 ofisial pada ajang yang digelar pada 18 Agustus hingga 2 September tersebut.

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games 2018 menggantikan Vietnam.

Diperkirakan biaya operasional dan penyelengaraan mencapai Rp6,6 Triliun, sementara untuk upacara pembukaan menelan biaya Rp676,5 miliar. Sementara itu, pengeluaran infrastruktur diperkirakan mencapai Rp27 triliun untuk infrastruktur sarana, seperti renovasi stadion atau transportasi.
(vws)