Asian Games 2018

Tim Bulutangkis Beregu Putri Indonesia ke Perempat Final

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Minggu, 19/08/2018 17:28 WIB
Tim Bulutangkis Beregu Putri Indonesia ke Perempat Final Greysia Polii/Apriyani Rahayu mengaku laga pertama menjadi ajang untuk adaptasi lapangan. (Dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim bulutangkis beregu putri Indonesia melaju ke perempat final Asian Games 2018 setelah mengalahkan Hong Kong dengan skor 3-0 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/8).

Tim Merah Putih meraih kemenangan meyakinkan atas Hong Kong berkat penampilan-penampilan Gregoria Mariska Tunjung, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, dan Fitriani.

Gregoria memastikan poin pertama untuk Indonesia setelah menaklukkan Cheung Ngan Yi dengan skor 19-21, 21-8 dan 21-18.


Pada gim pertama Gregoria banyak kehilangan poin lantaran tidak akurat dalam mengantisipasi bola panjang dari lawan. Pemain berperingkat 22 dunia itu kemudian bangkit pada gim kedua dengan kemenangan mudah 21-8.

Pada gim ketiga laga berjalan cukup ketat hingga akhirnya Gregoria berhasil menyumbang poin pertama.

"Saya tegang banget tadinya. Main pertama, kita tuan rumah, dan ini salah satu turnamen besar pula. Tadi adaptasi saya lama banget, terlalu santai dan belum mau ubah kecepatan kaki padahal saya kalah angin. Kalau kalah angin seharusnya tingkatin kecepatan kaki," ujar Gregoria setelah laga.

"Setelah dia poin 11 akhirnya saya mulai sadar kalau terlalu santai. Di gim kedua saya menang angin, gantian dia yang tidak siap. Di gim ketiga sudah tahu juga harus main seperti apa," sambungnya.

Gregoria Mariska Tunjung menyumbangkan poin pertama Indonesia ketika melawan Hong Kong.Gregoria Mariska Tunjung menyumbangkan poin pertama Indonesia ketika melawan Hong Kong. (ANTARA FOTO/INASGOC/Puspa Perwitasari)
Di laga kedua Greysia/Apriyani tidak mengalami kesulitan menghadapi Ng Tsz Yau/Yuen Sin Ying. Ganda putri terbaik Indonesia itu menang 21-14 dan 21-11 dan memastikan skor 2-0 untuk Indonesia.

"Tadi kita mau cepet-cepet tapi mati sendiri, tapi kita juga bisa coba pukulan dan situasi. Ambil positif sih, tapi di situ kita juga bisa diasah lagi pukulan di lapangan," kata Greysia mengenai pertandingan pertama di Asian Games 2018

Pada laga ketiga, tunggal putri Indonesia kembali dipaksa bermain tiga gim. Fitriani kalah 18-21 dari Yip Pui Yin di gim pertama. Fitriani yang menempati peringkat 40 dunia kemudian berhasil menaklukkan Yip Pui Yin yang menduduki peringkat ke-34 dengan skor 21-13 dan 21-10.

Lawan selanjutnya yang akan dihadapi Indonesia pada babak perempat final bulutangkis beregu putri adalah Korea Selatan yang merupakan unggulan ketiga.

Pertandingan Indonesia melawan Korea Selatan akan berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senin (20/8) pukul 09.00 WIB. (nva/bac)