Gagal Fokus, I Gede Siman Kehilangan Medali

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 01:01 WIB
Gagal Fokus, I Gede Siman Kehilangan Medali I Gede Siman Sudartawa gagal mempersembahkan medali dari nomor 100 meter gaya punggung. (ANTARA FOTO INASGOC/Andika Wahyu/Spt/18)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perenang Indonesia I Gede Siman Sudartawa gagal mempersembahkan medali untuk Indonesia di Asian Games 2018 saat turun pada final nomor 100 meter gaya punggung putra di GBK Aquatic Center, Minggu (19/8).

Siman mencatatkan waktu 58,82 detik dan finis di urutan kedelapan dari delapan perenang. Medali emas diraih perenang China, Xu Jiayu dengan catatan waktu 52,34 detik.

Medali perak direbut perenang Jepang Irie Ryosuke dengan catatan waktu 52,53 detik, sedangkan perunggu diambil Korea Selatan Lee Juhi (54,52 detik).


Usai lomba, Siman mengaku kehilangan fokus. Ia tidak bisa melihat bendera di lima meter sebelum menyentuh ujung kolam di 50 meter pertama.

"Tadi bendera pas di 50 meter benar-benar tidak kelihatan. Harusnya saya salto malah hand touch. Ya, ini pengalaman," kata Siman kepada wartawan usai lomba.

Siman masih memiliki kesempatan melalui nomor 50 meter gaya punggung.Siman masih memiliki kesempatan melalui nomor 50 meter gaya punggung. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Setelah gagal di nomor 100 meter gaya punggung, Siman akan kembali beraksi di nomor 50 meter gaya yang sama. Nomor 50 meter menjadi andalannya untuk meraih medali.

"Mungkin lebih fokus lagi. Hari ini kayanya lost fokus, soalnya bendera gak keliatan. Mungkin euforianya tuan rumah, terus harapan ke saya juga besar. Mungkin banyak tekanan," jelas Siman.

Sebelumnya, perenang Indonesia di nomor 200 meter gaya punggung putri Nurul Fajar Fitriati juga gagal meraih prestasi. Ia hanya mampu finis kedelapan lewat catatan waktu 2 menit 19,38 detik.

Nurul kalah saing dari Liu Yaxin asal China yang memenangkan perlombaan lewat torehan waktu 2 menit 07,65 detik. Medali perak direbut Sakai Natsumi dengan catatan 2 menit 08,13 detik dan perunggu diraih Peng Xuwei lewat 2 menit 09,14 detik. (sry)