Asian Games 2018

Lindswell Kwok Butuh Tiga Asian Games untuk Raih Emas

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 12:10 WIB
Lindswell Kwok Butuh Tiga Asian Games untuk Raih Emas Lindswell Kwok butuh tiga Asian Games untuk meraih emas. (ANTARA FOTO/INASGOC/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penantian panjang Lindswell Kwok untuk meraih emas akhirnya terwujud. Atlet wushu 27 tahun tersebut berhasil menyabet medali emas pada Asian Games 2018 di Jakarta International Expo, Senin (20/8).

Ya, sang ratu wushu Indonesia itu harus melewati tiga Asian Games untuk meraih emas pertamanya itu. Ia kali pertama ikut serta di event multicabang terbesar se-Asia itu di Guangzhou pada 2010.

Lindswell yang saat itu baru 19 tahun gagal meraih medali. Tampil cemerlang di nomor taijijian, ia gagal meraih nilai tertinggi di nomor taijiquan. Lindswell yang baru saja meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Wushu 2009 di Toronto kala itu, hanya berada di urutan keenam pada taijiquan.


Pada Asian Games 2014 di Incheon, Lindswell mulai memperbaiki pencapaiannya di nomor taijiquan dan taijijian. Namun, saat itu keinginannya untuk meraih emas belum kesampaian. Ia hanya meraih perak.
Masa penantian panjang Lindswell Kwok untuk meraih emas akhirnya terwujud. (Masa penantian panjang Lindswell Kwok untuk meraih emas Asian Games akhirnya terwujud. (ANTARA FOTO/INASGOC/Akbar Nugroho Gumay)
Tekadnya kian berkobar ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games di edisi kali ini untuk meraih emas. Di usianya yang sudah genap 27 tahun, Sang Ratu Wushu itu pun berhasil menggondol emas.

"Dalam hati aku ini adalah penampilan terakhir dan semua orang menunggu karena dua kali Asian Games (gagal meraih emas), yang pertama aku goyang sehingga tak dapat medali."

"Kemudian empat tahun lalu perak sehingga [medali emas] memang target saya. Latihan juga seperti biasa saja. Pelatih juga selalu ingatkan selama latihan," ujar Lindswell.

Pada Asian Games 2018, Lindswell mencatat total poin 19,5. Hasil itu diperoleh setelah ia membukukan nilai 9,75 pada kategori Taijijian yang digelar hari ini.

Sehari sebelumnya, Lindswell juga menorehkan catatan 9,75 poin di nomor Taijiquan. Catatan poin Lindswell merupakan yang tertinggi untuk kategori Taijiquan.

Catatan 19,5 poin itu membuat Lindswell unggul atas Juanita Mok Uen Ying asal Hong Kong (19,42 poin) dan Aghata Chrystenzen asal Filipina (19,36). (bac/ptr)