Emas Asian Games 2018, 'Very Well Farewell' dari Lindswell

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Senin, 20/08/2018 14:48 WIB
Emas Asian Games 2018, 'Very Well Farewell' dari Lindswell Lindswell Kwok meraih emas di Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/INASGOC/Ismar Patrizki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lindswell Kwok memutuskan untuk pensiun setelah berhasil menuntaskan targetnya meraih medali emas di nomor wushu taijijian dan taijiquan Asian Games 2018, Senin (20/8). 'Very well farewell' atau tanda perpisahan sangat bagus bagi Lindswell dengan meraih emas.

Lindswell mencatatkan poin tertinggi di dua hari perlombaan. Pada nomor taijiquan atlet asal Medan, Sumatera Utara itu mencatatkan poin 9,75 dan nilai yang sama untuk taijijian dan meraih medali emas.

Medali perak direbut Juanita Uen Ying Mok. Atlet asal Hong Kong itu meraih total poin 19,42 usai mencatatkan nilai sama 9,71 di dua nomor.


Sedangkan atlet wushu asal Filipina, Aghata Chrystenzen, mengamankan perunggu dengan catatan 19,36 untuk taijijian dan taijiquan.

Lindswell Kwok meraih medali emas pertama dan terakhir di Asian Games. (Lindswell Kwok meraih medali emas pertama dan terakhir di Asian Games. (ANTARA FOTO/INASGOC/Akbar Nugroho Gumay)
"Kemarin habis tanding saya bilang ke diri sendiri 'oke tidak boleh gugup'. Dalam hati saya, ini adalah penampilan terakhir saya dan semua orang menunggu (medali emas)," kata Lindswell usai pertandingan.

Buat Lindswell ini adalah Asian Games ketiganya. Pada Asian Games pertamanya 2010 lalu di Guangzhou, Lindswell tidak meraih medali karena ia terlihat juri melakukan gerakan lain selain gerakan jurus.

Pada penampilan keduanya di Asian Games 2014 Incheon, Korea Selatan, Lindswell hanya mampu meraih perak usai kalah dari pewushu China.

"Dua kali Asian Games, saya tidak bisa dapat emas. Pertama saya goyang (gerakannya), tidak dapat medali, empat tahun lalu perak, jadi ini memang target saya (emas)," ungkap Lindswell.

Lindswell sudah mengungkapkan rencana sejak 2015. Namun, atlet 26 tahun itu mengaku belum memiliki rencana pasti setelah pensiun.

"Saya belum tahu setelah ini mau apa. Pasti tidak jauh-jauh dari wushu, melatih atau bagaimana. Pastinya akan tetap di wushu," ujar Lindswell.

[Gambas:Video CNN] (bac/ptr)