Asian Games 2018

Peluang Emas Indonesia di Asian Games 2018 Hari Ini

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 22/08/2018 07:46 WIB
Peluang Emas Indonesia di Asian Games 2018 Hari Ini Felda Elvira Santoso akan bertanding di final changquan putri hari ini. (AFP PHOTO / ADEK BERRY)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kontingen Indonesia berpeluang menambah perolehan medali di Asian Games 2018 pada sejumlah pertandingan yang digelar Rabu (22/8).

Sampai hari keempat pelaksanaan Asian Games 2018, Indonesia sudah mengoleksi 5 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu. Pada Selasa (21/8) Indonesia menambah 1 emas dan 3 perunggu dari cabang olahraga angkat besi (emas), wushu, sepak takraw, dan bulutangkis beregu putri.

Pada hari ini, medali emas kembali berpotensi didatangkan wushu, angkat besi, dan balap sepeda. Deni yang tampil di Olimpiade 2016 di Rio de janeiro akan turun di kelas 69 kilogram yang digelar di JIExpo.


Dibandingkan dengan Olimpiade dua tahun lalu, di Asian Games tahun ini Deni terbilang turun kelas. Saat di multievent terbesar di dunia itu Deni tampil di kelas 77kg dengan menempati peringkat ke-12 klasemen akhir.

Sedangkan di Asian Games 2018, Deni akan bertanding di kelas 69kg. Tim angkat besi Indonesia cukup optimistis Deni bisa menjadi kuda hitam sekaligus membuat kejutan di kelas tersebut. Pasalnya, China yang meraih emas di kelas 69kg di Asian Games 2014 dan Olimpiade 2016 tidak mengirimkan atletnya karena kasus doping.

Deni diharapkan membuat kejutan di kelas 69kg.Deni diharapkan membuat kejutan di kelas 69kg. (AFP PHOTO / GOH Chai Hin)
Sebagai catatan, pada Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, Deni tampil di kelas 69kg dan hanya mendapat peringkat keempat dengan total angkatan 322 kilogram. Saat itu Karrar Mohammed dari Irak yang meraih perunggu memiliki total angkatan 325 kilogram. Catatan itu sama dengan yang diraih Deni saat test evet pada Februari lalu.

Selain angkat besi, wushu juga punya kans yang sama untuk menambah torehan medali emas Indonesia menjadi enam. Di final changquan putri ada Felda Elvira Santoso, sedangkan di final taijiquan dan taijijian putra ada Bobie Valentinus Gunawan sebagai wakil dari Indonesia. (har)