Asian Games 2018

Dua Atlet Wushu Potensial Gagal Sumbang Medali di Asian Games

Arby Rahmat & Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 22/08/2018 12:48 WIB
Dua Atlet Wushu Potensial Gagal Sumbang Medali di Asian Games Bobie Valentinus Gunawan gagal menyumbang medali. (ANTARA FOTO/INASGOC/Dwi Prasetyo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua atlet wushu, Bobie Valentinus Gunawan dan Felda Elvira Santoso, gagal menyumbang medali bagi Indonesia pada final yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/8) pagi.

Bobie yang turun di nomor Taijiquan-Taijijian putra gagal mencatat skor tertinggi. Medali emas diraih China melalui Chen Zhouli, sementara perak dan emas masing-masing direbut Araya Tomohiro (Jepang) dan Ko Ko Nyein Chan (Myanmar).

"Persoalan main, sedikit kurang puas mungkin terlalu terburu-buru, jadi belum siap sudah melakukan gerakan selanjutnya. ," kata Bobie selepas pertandingan.


"Bisa lebih baik lagi seharusnya, masih kurang puas dengan skor itu. Pelatih sudah menyampaikan agar bermain lepas. Dan saya juga sudah yakin sebelumnya bisa mendapat skor 9,7 ke atas," ujarnya.

Felda Elfira Santoso juga gagal menyumbang medali untuk Indonesia.Felda Elfira Santoso juga gagal menyumbang medali untuk Indonesia. (AFP PHOTO/ADEK BERRY)
Selain Bobie, Felda Elvira yang tampil di nomor Changquan putri juga gagal mendulang medali. Felda hanya mampu mencatat skor 9,45 atau terpaut 0,29 dari atlet China, Qi Xinyi. Sementara Medali perak dan perunggu masing-masing direbut Li Yi (Makau) dan Hoang Thi Phuong Giang (Vietnam).

"Maaf saya tidak bisa memberikan permainan yang terbaik di Asian Games ini. Tapi secara keseluruhan tim wushu kami bermain bagus," kata Felda seusai pertandingan.

Felda mengaku grogi tampil di ajang Asian Games 2018 yang jadi penampilan perdananya.

"Grogi karena pertandingan besar pertama saya di Asian Games. Rasanya tidak tenang. Saya tampil agak beban juga karena saya latihan terus dari kemarin sehingga fisik menurun," ujarnya.

Meski demikian, Indonesia masih memiliki asa untuk mendulang medali di nomor Sanda atau tarung putra yang diwakilkan Puja Riyaya dan Yusuf Widiyanto di babak final. (nva)