Asian Games 2018

Tim Paralayang Putri Raih Perak di Asian Games 2018

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 22/08/2018 15:08 WIB
Tim Paralayang Putri Raih Perak di Asian Games 2018 Rika Wijayanti memimpin tim beregu putri raih perak di Asian Games 2018. (Dok. PB FASI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim paralayang putri Indonesia harus puas dengan medali perak dari nomor akurasi mendarat Asian Games 2018 setelah bertanding di Gunung Mas, Bogor, Rabu (22/8).

Rika Wijayanti bersama dua rekannya, Lis Andriana dan Ayu Wulandri meraih poin di bawah tim paralayang Thailand yang berhak membawa pulang emas. Sementara medali perunggu diamankan tim Korea Selatan.

Sebelumnya, Indonesia sukses merebut medali emas dari tim paralayang putra di nomor ketepatan mendarat. Indonesia menurunkan lima atlet putra pada nomor KTM beregu yakni Aris Apriansyah, Joni Efendi, Jafro Megawanto, Hening Paradigma, dan Roni Pratama.


Wakil Ketua Umum KONI Mayor Jenderal TNI Purn Suwarno mengatakan hasil ini menjadi sejarah paralayang Indonesia di Asian Games. Lagu Indonesia Raya untuk kali pertama berkumandang lewat paralayang.

"Karena ini pertama kalinya paralayang dipertandingkan di Asian Games," kata Suwarno seperti dikutip dari laman resmi Asian Games 2018.

Indonesia juga masih berpeluang meraih medali di nomor ketepatan tunggal putra dan putri yang masing-masing diwakili Jafro Megawanto dan Rika WIjayanti.

Hasil ini membuat Indonesia mengemas enam medali emas. Sebelumnya, emas Indonesia disumbang Defia Rosmaniar (taekwondo), Lindswell Kwok (wushu), Tiara Andini Prastika (down hill putri), dan Khoiful Mukhib (down hill putra), dan Eko Yuli Irawan (angkat besi).

Hingga berita ini diturunkan, total Indonesia mengoleksi 13 medali di event multicabang olahraga edisi ke-18 ini. Rinciannya enam medali emas, tiga perak, dan lima perunggu. (bac)