Asian Games 2018

Penonton Kecewa Tak Bisa Beli Suvenir di JIExpo Kemayoran

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Kamis, 23/08/2018 05:30 WIB
Sebagian penonton Asian Games 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/8), kecewa karena kesulitan mencari penjual suvenir. Ilustrasi senam artistik. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagian penonton Asian Games 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/8), kecewa karena kesulitan mencari penjual suvenir.

Ridwan dan Ance, pasangan suami istri ini datang jauh-jauh dari Bandung untuk menyaksikan pertandingan senam artistik di Kemayoran. Mereka sengaja datang langsung ke Kemayoran memanfaatkan libur Idul Adha bersama kedua putrinya.

Selain berniat mendukung kontingen Indonesia berlaga, Ridwan dan keluarganya berhasrat membeli suvenir sebagai kenangan sekaligus simbol bersejarah perhelatan akbar di Asia.


"Saya kecewa di sini tak ada yang jual suvenir ya? Kami malah disuruh ke GBK [Gelora Bung Karno] untuk membeli suvenir resmi. Padahal di sini juga venue Asian Games, harusnya ada yang jual dong," kata Ance kepada CNNIndonesia.com, Rabu (22/8).

Keluarga dari Bandung tak bisa membeli suvenir di JIExpo, Kemayoran.Keluarga dari Bandung tak bisa membeli suvenir di JIExpo, Kemayoran. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, memang tidak terlihat tanda-tanda yang menjual cendera mata di Asian Games 2018 di JIExpo Kemayoran. Hal itu juga dibenarkan seorang relawan yang berjaga di sana.

"Iya betul, di sini tidak ada yang jual suvenir. Tapi saya tidak tahu apakah mendatang nanti akan disediakan tempat untuk jual merchandise di JIExpo, saya konfirmasi dulu [ke atasan]," ujar relawan bernama Sari Rachma itu.

Selain kecewa dengan tak adanya penjual suvenir, Ance juga mengeluhkan buruknya informasi penjualan tiket.

Ilustrasi senam artistik.Ilustrasi senam artistik. (CNNIndonesia/ Adhi Wicaksono)
"Yang disayangkan itu penjualan tiket. Saya dengar dari teman-teman banyak yang datang langsung ke venue karena tiket online habis. Sedangkan di venue juga untuk membeli tiket tidak jelas lokasinya," ujarnya.

Ance dan Ridwan sengaja menonton pertandingan senam artistik karena anaknya ikut kegiatan serupa di sekolahnya. Ini menjadi momen bersejarah dan bisa menginspirasi cita-cita anaknya kelak.

Sejauh ini Ridwan mengaku puas dengan prestasi sementara Indonesia di daftar klasemen sementara Asian Games 2018.

"Saya cukup puas Indonesia berada di peringkat keempat dalam klasemen sementara," kata Ridwan.

Hingga berita ini diturunkan, total Indonesia masih bertahan di peringkat empat klasemen sementara Asian Games 2018 dengan koleksi 13 medali. Rinciannya enam medali emas, tiga perak, dan lima perunggu. (jun/bac)