Asian Games 2018

Raih Emas Asian Games, Aldila/Christo Bidik Olimpiade 2020

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Minggu, 26/08/2018 04:34 WIB
Raih Emas Asian Games, Aldila/Christo Bidik Olimpiade 2020 Aldila/Christopher akhiri 16 tahun puasa emas tenis Indonesia di Asian Games. (REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ganda campuran tenis Indonesia, Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat, membidik Olimpiade 2020 di Tokyo Jepang usai meraih medali emas Asian Games 2018.

Aldila/Christopher meraih medali emas Asian Games 2018 satu-satunya di cabor tenis setelah mengalahkan pasangan Thailand Luksika Kumkhum/Sonchat Ratiwatana dengan skor 6-5, 5-7, dan 1-0 (10-7) di Jakabaring Sport City, Sabtu (25/8).

"Kami bermain lepas hari ini (25/8). Sampai tadi final, semua strategi berjalan lancar. Tadi kecolongan di set kedua tapi kami kembali tampil bagus," kata Christopher kepada para awak media usai bertanding.


"Sangat senang bisa membuktikan kalau kami layak diperhitungkan dan olahraga tenis juga sangat layak dipertimbangkan. Saya minta ke Aldila juga supaya jangan cepat puas dan semoga kami bisa tembus Olimpiade," petenis yang akrab disapa Christo itu menambahkan.

Aldila/Christopher berhasil mengakhiri puasa medali emas cabang olahraga tenis di Asian Games yang kali terakhir diraih pada 16 tahun silam. Kali terakhir tenis berhasil menyumbangkan untuk Indonesia di Asian Games pada edisi 2002 saat digelar Busan, Korea Selatan.

Aldila/Christopher mengalahkan pasangan Thailand di final ganda campuran.Aldila/Christopher mengalahkan pasangan Thailand di final ganda campuran. (REUTERS/Edgar Su)
Christopher mengatakan medali emas Asian Games 2018 ia persembahkan untuk insan tenis Indonesia.

"Senang akhirnya tenis bisa mengakhiri masa paceklik di Asian Games 2018. Setelah beberapa tahun, saya juga lupa dengan adanya medali emas [cabang olahraga tenis Indonesia]. Saya dan Aldila bangga sekali," ucap dia.

"Medali ini untuk pendukung Indonesia, keluarga, pelatih, dan semua orang yang memberikan pengaruh dalam karier saya. Untuk Pelti [Persatuan Lawn Tenis Indonesia] juga," ucapnya melanjutkan.

Senada dengan Christopher, Aldila juga mempersembahkan medali emas tersebut untuk keluarga dan orang tua yang sudah mendukung secara langsung. "Juga kepada pelatih, Pelti, dan fan-fan Indonesia yang sudah dukung kami dari awal sampai akhir," ujar dia. (sry/jun)