Asian Games 2018

Jonatan Soal Buka Baju: Bila Itu Bisa Membuat Orang Bahagia

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Selasa, 28/08/2018 16:20 WIB
Jonatan Soal Buka Baju: Bila Itu Bisa Membuat Orang Bahagia Jonatan Christie merebut medali emas pertama dari cabang bulutangkis untuk Indonesia di Asian Games 2018.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Jonatan Christie bergurau soal kebiasaan membuka baju setiap meraih kemenangan di Asian Games 2018.

Jonatan sukses merebut medali emas tunggal putra Asian Games 2018 setelah mengalahkan Chou Tien Chen dari Taiwan dengan skor 21-18, 20-22, dan 21-15 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8).

Selain aksi memukau di lapangan, hal lain yang dikenang publik dari Jonatan selama Asian Games 2018 adalah perayaan kemenangan dengan membuka baju. Perayaan buka baju yang dilakukan Jonatan sampai viral di media sosial. Perayaan yang sama dilakukan Jonatan usai menang atas Chou Tien.


Setelah sempat menolak menjawab alasan perayaan buka baju selama di Asian Games 2018, Jonatan mengeluarkan gurauan usai berhasil mengalahkan Chou Tien.

Jonatan Christie selalu buka baju setiap merayakan kemenangan di Asian Games 2018.Jonatan Christie selalu buka baju setiap merayakan kemenangan di Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Saya tak tahu kenapa, namun bila itu bisa membuat orang bahagia," gurau Jonatan dalam konferensi pers usai laga final.

"Yang jelas itu spontan saja, [sebagai ungkapan] tekanan yang ada selama ini bisa keluar," ucap pebulutangkis 20 tahun tersebut.

Jonatan Christie sukses menjadi pebulutangkis tunggal putra pertama yang meraih emas Asian Games sejak Taufik Hidayat di 2006.Jonatan Christie sukses menjadi pebulutangkis tunggal putra pertama yang meraih emas Asian Games sejak Taufik Hidayat di 2006. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Setiap Jonatan melakukan perayaan kemenangan dengan membuka baju dan bertelanjang dada, penonton di Istora memang selalu menjadi bergemuruh. Jonatan mengaku senang perayaan yang dilakukannya bisa membuat publik semakin antusias untuk menyaksikan bulutangkis.

"Yang dulunya jarang nonton bulutangkis menjadi tertarik untuk menonton bulutangkis. Penonton Indonesia, luar, luar, luar biasa. Begitu berisik sehingga instruksi pelatih kadang tak terdengar. Namun bagi saya di lapangan, yang terpenting adalah fokus kepada cara bermain yang sudah disiapkan," tutur Jonatan.

Sukses Jonatan membuat Indonesia memastikan dua medali emas dari cabang bulutangkis di Asian Games 2018. Di nomor ganda putra, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berhasil meraih medali emas usai mengalahkan sesama pelatnas Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (har)