Asian Games 2018

Klasemen Asian Games: Silat 6 Emas, Indonesia Tak Beranjak

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 29/08/2018 22:14 WIB
Klasemen Asian Games: Silat 6 Emas, Indonesia Tak Beranjak Atlet-atlet silat Indonesia kembali mencuri perhatian pada Rabu (29/8) dengan raihan emas. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Enam emas dari cabang olahraga pencak silat baik dari kategori seni dan tarung, Rabu (29/8), semakin mempertegas posisi Indonesia di klasemen Asian Games 2018.

Secara total Indonesia sudah meraih 30 emas, 22 perak, dan 36 perunggu hingga hari penyelenggaraan ke-13 Asian Games 2018.

Emas pertama Indonesia pada hari ini berasal dari Sugianto yang menjadi pemenang dalam nomor seni. Emas demi emas pun datang dari Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, lokasi pertandingan cabor pencak silat pada pesta olahraga Asia ke-18.


Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti di nomor seni ganda putri serta Pramudita Yuristya, Gina Tri Lestari, dan Lutfi Nurhasanah yang tampil di nomor seni regu mengikuti jejak Sugianto.

Selain itu Pipiet Kamelia, Hanifan Yudani Kusumah, dan Wewey Wita secara bergantian menyumbang emas dari kategori di tiga nomor berbeda.

Momen yang cukup menyita perhatian pun hadir ketika Hanifan yang menjadi juara di kelas C putra 55-60kg merangkul Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto yang menonton langsung pertandingan final di kursi VVIP Padepokan Pencak Silat TMII.

Jason Dennis Lijnzaat menyumbang perak dari lintasan skate board di Asian Games 2018.Jason Dennis Lijnzaat menyumbang perak dari lintasan skate board pada Asian Games 2018. (REUTERS/Edgar Su)
Prestasi apik atlet-atlet Indonesia juga hadir dari arena soft tenis yang menyumbang satu perak dan dua perunggu.

Skater-skater dari beragam usia juga menyumbangkan dua medali perak dan dua medali perunggu dari venue skate board di Jakabaring Sports City. Jason Dennis Lijnzaat, dan Sanggoe Darma Tanjung meraih perak. Sedangkan Pevi Permana dan Bunga Nyimas meraih perunggu.

Medali dari cabor paralayang juga belum berakhir dengan keberhasilan tim putri meraih perunggu di nomor lintas alam.

Indonesia unggul 11 emas atas Iran yang ada di peringkat kelima. Sementara dengan Korea Selatan yang berada di tempat ketiga, raihan tim Merah Putih tertinggal tujuh emas.

Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2018 Hingga Pukul 22.00 WIB

Negara                      Emas Perak Perunggu
1. China                      102    67     50
2. Jepang                     52     47     63
3. Korea Selatan            37    42     50
4. Indonesia                 30     22     36
5. Iran                        19     16     17 (har)