Buka Baju di Lapangan, Alize Cornet Ditegur Wasit

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Jumat, 31/08/2018 11:38 WIB
Buka Baju di Lapangan, Alize Cornet Ditegur Wasit Alize Cornet ditegur wasit karena membuka baju di lapangan. (REUTERS/Jean-Yves Ahern-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petenis putri Alize Cornet mendapat teguran dari wasit karena membuka baju di tengah pertandingan babak pertama Amerika Serikat Terbuka 2018 saat menghadapi Johanna Larsson dari Swedia di Lapangan 13 Stadion Billie Jean, Selasa (28/8).

Saat itu Cornet hendak melanjutkan pertandingan melawan Larsson setelah istirahat selama 10 menit. Tetapi, petenis asal Prancis itu menyadari ada yang tidak beres dengan kausnya.

Ternyata atasan yang dikenakan Cornet terbalik. Tanpa pikir panjang petenis berusia 28 tahun itu membalikkan badannya menghadap ke tribune lalu membuka bajunya untuk mengganti ke posisi yang benar.


Hanya saja, saat hendak melanjutkan pertandingan dan menerima servis Larsson wasit Christian Rask memberikan Cornet kode pelanggaran karena dianggap melakukan perilaku tidak sportif.

Apa yang diterima Cornet berbeda dengan petenis putra. Para petenis putra bisa bebas mengganti bajunya di pertandingan tanpa mendapat teguran dari wasit.
Alize Cornet sempat mendapatkan teguran dari wasit.Alize Cornet sempat mendapatkan teguran dari wasit. (Foto: REUTERS/Toby Melville/File Photo)

Salah satu pihak yang buka suara terhadap kejadian Alize Cornet adalah pelatih tenis Judy Murray. Judy Murray yang merupakan ibu dari Andy Murray itu mengkritik kebijakan wasit Rask.

"Alize Cornet kembali ke lapangan setelah 10 menit istirahat. [Dia] pakai baju baru dengan [posisi] belakang di depan. Menggantinya dengan membelakang lapangan. Mendapat kode pelanggaran," ucap Judy melalui akun Twitter miliknya.

"Sikap tidak sportif. Tapi petenis putra bisa mengganti baju di lapangan," kata Judy melanjutkan.

Petenis putra bisa bebas membuka baju di lapangan tanpa mendapat teguran dari wasit.Petenis putra bisa bebas membuka baju di lapangan tanpa mendapat teguran dari wasit. (REUTERS/Thomas Peter)
Hanya saja, meski mendapat perlakukan yang berbeda dibanding petenis pria, Cornet tampak santai menghadapi masalah tersebut.

"Yang pasti, para wanita diperlakukan sedikit berbeda. Saya ingin menjelaskan hal itu dan saya tidak menganggapnya buruk. Saya hanya mungkin terganggu selama 10 detik dan itu saja," kata Cornet dikutip dari Express.

Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA) akhirnya mengambil sikap mengenai kejadian tersebut. Menurut USTA wasit Rask tidak salah pada momen tersebut dan kini mereka mengubah peraturan tersebut serta meminta maaf kepada Cornet. 

Petenis wanita kini diizinkan mengganti baju di kursi pinggir lapangan atau mereka boleh meninggalkan lapangan bila ingin mengganti baju di ruang ganti.

"Kami senang melihat USTA kini mengubah kebijakan itu. Alize tidak melakukan kesalahan apa pun," ucap pernyataan resmi WTA Tour dikutip dari The Australian. (ptr)