Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Sabtu, 01/09/2018 12:36 WIB
Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia siap bertarung untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade tahun 2032. Presiden Joko Widodo mengumumkan ketertarikan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 ketika menjamu Presiden National Olympic Committee (NOC) Thomas Bach dan Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Ahmad Al-Fahad Al-Sabah. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia siap bertarung untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade tahun 2032 setelah menggangap penyelenggaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang berjalan sukses.

Olimpiade merupakan pesta olahraga empat tahunan sekali yang melibatkan negara-negara di seluruh dunia. Pesta olahraga yang dihelat sejak 1896 ini akan dihelat di Tokyo tahun 2020 mendatang, Paris di tahun 2024, dan Los Angeles di 2028 mendatang.

Jokowi yakin, pengalaman dalam menghelat Asian Games akan menjadi modal besar bagi Indonesia dalam menggelar Olimpiade. Hal itu sudah disampaikan Jokowi kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach yang berkunjung ke Istana Bogor, Sabtu (1/9).


"Dengan pengalaman yang kami miliki di Asian Games 2018 ini, maka Indonesia yakin untuk juga bisa dan mampu menjadi tuan rumah perhelatan lebih besar. Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya untuk menghadiri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade tahun 2032," jelas Jokowi di Istana Bogor, Sabtu (1/9).

Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032Presiden Joko Widodo menerima Presiden National Olympic Committee (NOC) Thomas Bach dan Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Bogor, Sabtu (1/9). (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Ia melanjutkan, pengakuan atas kesuksesan Asian Games bukanlah klaim pribadi. Selain Bach, Presiden Olympic Council of Asia (OCA) Ahmad Al-Fahad Al-Sabah juga mengakui kesuksesan Indonesia dalam menghelat pesta olahraga Asia tahun ini, terutama ihwal organisasi dan penyelenggaran yang terbilang cukup rapi.

"Beliau [Ahmad] sangat menghargai dan kagum tentang kesuksesan indonesia dalam menyelenggarakan perhelatan besar Asian Games 2018 ini. Yang beliau sangat hargai adalah partisipasi masyarakat dalam jumlah besar yang bisa digerakkan secara organisasi. Ini modal yang kuat," kata Jokowi.

Sementara itu, Bach menyambut Indonesia untuk menjadi salah satu kandidat di dalam penyelenggaraan Olimpiade 2032.

"Oleh karenanya, Asian Games telah memberikan pondasi yang kuat bagi Indonesia untuk menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade. Selamat Indonesia, dan selamat datang dalam menjadi kandidat untuk Olimpiade 2032," ujar mantan atlet anggar asal Jerman itu. (nva/ptr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK