ASIAN GAMES 2018

Emas Bersejarah Sepak Takraw Indonesia di Asian Games

Haryanto Tri Wibowo, CNN Indonesia | Sabtu, 01/09/2018 15:26 WIB
Tim sepak takraw Indonesia mencetak sejarah setelah merebut medali emas untuk kali pertama di Asian Games dengan mengalahkan Jepang 2-1. Saiful Rijal menjadi salah satu penentu sukses Indonesia di sepak takraw nomor quadrant. (ANTARA FOTO/INASGOC/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim sepak takraw Indonesia mencetak sejarah setelah merebut medali emas untuk kali pertama di Asian Games dengan mengalahkan Jepang 2-1 pada final quadrant putra di Ranau Hall Jakabaring Sports City, Palembang, Sabtu (1/9).

Tim quadrant sepak takraw Indonesia membuat kejutan di laga final. Tidak dibebani target medali emas di Asian Games 2018, tim asuhan Arsy Syam itu sukses mengalahkan Jepang meski tertinggal 15-21 di set pertama.

Muhammad Hardiansyah Muliang, Nofrizal, Saiful Rijal, Rizky Abdul Rahan Pago, Husni Uba dan Abdul Halim Radjiu sukses merebut dua set terakhir 21-14 dan 21-16 atas Jepang dan memastikan merebut medali emas.


Ini adalah kali pertama Indonesia merebut medali emas sepak takraw di Asian Games. Menariknya, tim sepak takraw menciptakan dua rekor di ajang Asian Games 2018. Sebelumnya, Indonesia untuk kali pertama merebut medali perak di sepak takraw di nomor beregu putra saat dikalahkan Malaysia.

Tim takraw putra Indonesia sebelumnya merebut medali perak di nomor beregu putra Asian Games 2018.Tim takraw putra Indonesia sebelumnya merebut medali perak di nomor beregu putra Asian Games 2018. (ANTARA FOTO/INASGOC/Ferdy Siregar)
Sebelum Asian Games 2018, prestasi tim sepak takraw Indonesia di Asian Games hanya mampu merebut 11 medali perunggu sejak kali pertama dipertandingkan pada 1990.

Indonesia kini menduduki posisi keenam negara tersukses dalam cabang sepak takraw di Asian Games 2018 dengan torehan satu emas, satu perak, dan 11 perunggu. Thailand masih berada di posisi teratas dengan 22 medali emas, lima perak, dan satu perunggu.

Sukses tim putra quadrant Indonesia merebut medali emas membuat Indonesia kini mengoleksi 31 medali emas, 24 perak, dan 41 perunggu di Asian Games 2018 hingga pukul 14.30 WIB. (nva)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK