ASIAN GAMES 2018

Antrean Pengunjung GBK Mengular Jelang Penutupan Asian Games

Titi Fajriyah & Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Minggu, 02/09/2018 14:37 WIB
Antrean pengunjung yang ingin memasuki kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan jelang penutupan Asian Games 2018 kembali mengular. Antrean pengunjung area GBK kembali mengular jelang Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Antrean pengunjung yang ingin memasuki kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan kembali mengular. Diperkirakan lebih dari 150 ribu orang bakal hadir di area GBK saat penutupan Asian Games 2018 dipastikan hadir di kawasan GBK, Minggu (2/9).

Berdasarkan dari pantauan CNNIndonesia.com, sejak pagi pengunjung mulai mengantre untuk membeli tiket masuk area festival yang dibanderol seharga Rp10 ribu per orang.

Kawasan Jalan Sudirman yang merupakan pintu masuk penonton juga sudah terpantau macet. Jalan Pintu I Senayan juga sudah ditutup sebagian untuk memberikan ruang antrean pembeli tiket.


Begitu juga Jalan Asia Afrika yang menjadi salah satu alternatif pintu masuk menuju kawasan GBK Senayan. Mal-mal yang berada di sekitar kawasan GBK juga disulap menjadi lahan parkir bagi pengunjung yang ingin menikmati euforia di hari terakhir Asian Games 2018.

Boneka maskot Asian Games 2018 sudah ludes terjual beberapa hari jelang acara penutupan. (Boneka maskot Asian Games 2018 sudah ludes terjual beberapa hari jelang acara penutupan. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Tak hanya itu, antrean souvenir store Asian Games juga masih mengular meski tiga maskot, Kaka, Bhin Bhin dan Atung sudah langka. Diperkirakan lebih dari 150 ribu orang termasuk yang sudah memiliki tiket seremoni penutupan nanti.

"Sabtu (1/9) kemarin yang datang ke GBK berdasarkan data terakhir mencapai 153 ribu orang. Hari ini, hari terakhir diperkirakan bakal lebih dari jumlah itu," ucap Ratna Irsana, Vice Director Media and Public Relation INASGOC kepada CNNIndonesia.com.

Di beberapa lokasi GBK tampak penjagaan ketat oleh petugas gabungan TNI dan Polri. Bahkan di depan pintu lima tampak ada satu unit kendaraan taktis milik kepolisian. Area GBK sendiri saat ini telah steril bagi kendaraan yang tidak memiliki stiker khusus Asian Games.

Khusus untuk upacara penutupan penyelenggara Asian Games 2018 telah menyediakan 40 kantong parkir yang tersebar di wilayah GBK. Pengunjung juga dapat memanfaatkan bus Transjakarta untuk mobilitasnya dari kantong parkir menuju pintu masuk GBK.

Sebelumnya Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya, Slamet Hadi mengatakan terkait sistem pengamanan akan ada 9.422 personel gabungan dari TNI/Polri yang bertugas untuk mendukung upacara penutupan Asian Games 2018.

Penguatan keamanan bakal difokuskan ke Pintu I Senayan yang merupakan area masuk tamu VIP. Selain itu area featival juga mendapat pengamanan khusus karena menjadi pusat konsentrasi masyarakat yang hadir.

"Saya mengajak dan mengimbau kepada masyarakat untuk menyukseskan penutupan, serta bisa membuat kegiatan Asian Games betul-betul dapat kami pertanggung jawabkan ke negara lain bahwa kita [Indonesia] bisa menjadi tuan rumah yang baik," sebut Slamet. (bac/sry)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK