Nadal dan Serena Williams ke Perempat Final AS Terbuka

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Senin, 03/09/2018 07:59 WIB
Nadal dan Serena Williams ke Perempat Final AS Terbuka Rafael Nadal menundukkan Nikoloz Basilashvili pada babak keempat AS Terbuka. (Robert Deutsch-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua petenis top dunia, Rafael Nadal dan Serena Williams, memastikan langkah ke babak perempat final turnamen tenis Amerika Serikat Terbuka 2018 di Pusat Tenis Nasional Billie Jean King, New York, Minggu (2/9) waktu setempat.

Nadal membuka peluang mempertahankan gelar juara AS Terbuka sekaligusmeraih gelar grand slam kedua pada tahun ini usai menundukkan petenis Georgia Nikoloz Basilashvili.

Selepas memenangi babak ketiga dengan laga ketat berdurasi empat jam 23 menit melawan Karen Khachanov, Nadal kembali menghadapi lawan yang tidak mudah.


Meskipun berstatus sebagai petenis non-unggulan, Basilashvili mampu membuat repot Nadal. Pengalaman kalah telak dari Nadal pada babak ketiga Prancis Terbuka tahun lalu tidak membuat Basilashvili gentar.

Petenis peringkat 37 dunia itu membuat Nadal harus bekerja keras untuk memenangi laga. Nadal yang menang 6-3 dan 6-3 pada dua set awal, tidak bisa menyelesaikan pertandingan dengan straight set lantaran kebangkitan Basilashvili pada set ketiga.

Rafael Nadal melangkah ke babak perempat final AS Terbuka 2018.Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports
Rafael Nadal melangkah ke babak perempat final AS Terbuka 2018.
Basilashvili yang menang 7-6 (8-6) pada set ketiga berupaya mempertahankan performa apik di set keempat, namun pada akhirnya Nadal berhasil memastikan kemenangan 6-4.

"Dia bermain luar biasa. Dia pantas mendapat kredit. Dia bermain hebat, memukul bola dengan sangat keras," ujar Nadal memuji permainan Basilashvili dalam laga yang menghabiskan waktu tiga jam dan 19 menit seperti dilansir Reuters.

Pada babak perempat final, Nadal akan menghadapi petenis unggulan kesembilan Dominic Thiem. Petenis asal Austria itu sebelumnya mengalahkan petenis unggulan kelima Kevin Anderson 7-5, 6-2, 7-6 (7-2).

Serena Williams mengalahkan Kaia Kanepi pada babak keempat AS Terbuka 2018.Serena Williams mengalahkan Kaia Kanepi pada babak keempat AS Terbuka 2018. (Robert Deutsch-USA TODAY Sports)
Kemenangan juga diraih mantan petenis tunggal putri peringkat satu dunia Serena Williams. Setelah absen pada empat kejuaraan grand slam, Serena berhasil melangkah ke babak delapan besar usai menundukkan petenis Estonia Kaia Kanepi.

Serena menang 6-0 di set pertama dan kalah 4-6 di set kedua. Pada set penentuan Serena membukukan kemenangan 6-3 untuk mendekati gelar ketujuh di AS Terbuka sekaligus gelar ke-24 di turnamen grand slam.

"Pertandingan berjalan tidak mudah, saya rasa dia mengubah strategi dan menampilkan permainan yang berbeda dan membuat saya menyadari hal tersebut."

"Saya pikir saya membuat satu atau dua kesalahan penting dan membuat saya kehilangan set kedua. Bukan level permainan saya yang menurun. Satu atau dua poin di set kedua yang memberi perbedaan besar di set kedua," jelas Serena.

Serena akan menghadapi Karolina Pliskova pada babak perempat final. Petenis Ceko itu lulus dari babak delapan besar setelah mengalahkan Ashleigh Barty 6-4 dan 6-4. (nva)