Terjerat Kasus Pajak, Mourinho Ikuti Jejak Messi dan Ronaldo

Jun Mahares, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 11:18 WIB
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, terjerat kasus penggelapan pajak di Spanyol mengikuti jejak Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Jose Mourinho terjerat kasus pajak seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. (Reuters/Lee Smith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Manchester United, Jose Mourinho, terjerat kasus penggelapan pajak di Spanyol mengikuti jejak duo bintang kelas dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Surat kabar El Mundo melaporkan, Mourinho akan menerima keputusan hukuman penjara satu tahun atas dua kasus pajak yang terjadi saat masih melatih Real Madrid.

Selain sanksi penjara satu tahun, Mourinho juga diwajibkan membayar denda sebesar £1,8 juta atau sekitar Rp 34,4 miliar.


Mourinho dianggap menyembunyikan penghasilannya untuk hak citra pada tahun 2011 dan 2012 dari Departemen Keuangan. Meski demikian, hukuman kurungan bisa ditangguhkan dan dialihkan menjadi denda.

Sebelumnya, kasus dugaan penggelapan pajak juga menjerat Messi dan Ronaldo. Meski sempat kesal, namun kedua pemain ini bersedia membayar denda yang dibebankan pemerintah Spanyol.

Jose Mourinho terkena kasus pajak saat masih menangani Real Madrid.Jose Mourinho terkena kasus pajak saat masih menangani Real Madrid. (Matthew Childs)
Sebelumnya, Lionel Messi sepakat membayar denda setelah terbukti bersalah melakukan penggelapan pajak bersama sang ayah.

Messi harus menyetor €252 ribu atau sekitar Rp3,7 miliar. Sedangkan ayahnya membayar 180 ribu euro (Rp 2,6 miliar).

Ronaldo juga mencapai kesepakatan untuk membayar denda penggelapan pajak €19 juta. Angka tersebut setara dengan sekitar Rp320 miliar.

Messi dan Ronaldo mendapat penangguhan hukuman penjara. Sebab, orang yang untuk pertama kali didakwa hukuman di bawah dua tahun penjara bisa menjalaninya dengan status hukuman percobaan. (nva)