Nadal Melangkah ke Semifinal AS Terbuka 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 13:29 WIB
Nadal Melangkah ke Semifinal AS Terbuka 2018 Rafael Nadal akan berhadapan dengan Juan Martin Del Potro pada semifinal AS Terbuka 2018. (Robert Deutsch-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rafael Nadal harus melewati laga sengit menghadapi Dominic Thiem di babak perempat final, Selasa (4/9) malam, untuk memastikan tempat di semifinal Amerika Serikat Terbuka 2018.

Nadal mengalami kekalahan tanpa poin gim pada set pertama yang dipertandingkan di Stadion Arthur Ashe, New York. Thiem yang menempati unggulan kesembilan pada turnamen AS Terbuka tahun ini menang telak 6-0.
Nadal mengamankan set kedua untuk mempertahankan peluangnya melaju ke babak semifinal. Setelah bermain imbang 3-3, Nadal mengamankan dua gim berikutnya sebelum menuntaskan set kedua dengan skor 6-4.

Petenis nomor satu dunia kembali menjadi pemenang di set ketiga setelah melewati laga yang lebih sengit dibanding set kedua. Skor 7-5 memastikan Nadal hanya butuh satu set lagi untuk melangkah ke semifinal.


Pada set keempat Thiem justru meraih kemenangan dengan skor 7-6 (7-4) sehingga membuat pemenang pertandingan harus ditentukan di set kelima.
Rafael Nadal membuka peluang mempertahankan gelar Amerika Serikat Terbuka.Rafael Nadal membuka peluang mempertahankan gelar Amerika Serikat Terbuka. (Geoff Burke-USA TODAY Sports)
Sama sengitnya dengan set keempat, pertandingan kembali harus diselesaikan dengan tie break di set terakhir. Kemenangan 7-6 (7-5) memastikan Nadal tetap memiliki kans mempertahankan gelar juara di AS Terbuka sekaligus menjadi kampiun kejuaraan grand slam di Amerika Serikat untuk kali keempat. Total, Nadal dan Thiem bermain selama empat jam dan 48 menit di laga perempat final.

Pada babak semifinal, Nadal akan menghadapi unggulan ketiga asal Argentina Juan Martin Del Potro yang mengalahkan John Isner pada babak perempat final dengan skor 6-7 (5-7), 6-3, 7-6 (7-4), dan 6-2.
Sementara di sektor tunggal putri dua petenis yang sudah memastikan tempat di semifinal dan akan saling berhadapan untuk memperebutkan tiket final adalah mantan penghuni peringkat satu dunia Serena Williams dan peringkat 18 dunia Anastasija Sevastova.

Pada laga perempat final Serena menundukkan Karolina Pliskova 6-4 dan 6-3. Sevastova membatalkan peluang all American semifinal dengan mengalahkan unggulan ketiga Sloane Stephens 6-2 dan 6-3. (har)