Menpora: Olimpiade 2032 Realistis untuk Indonesia

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 13:53 WIB
Menpora: Olimpiade 2032 Realistis untuk Indonesia Kesuksesan Asian Games 2018 membuat Indonesia optimistis bisa menggelar Olimpiade. (REUTERS/Willy Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Imam Nahrawi yakin Indonesia bisa menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Pada Sabtu (1/9) saat bertemu Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia akan secepatnya mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 menyusul kesuksesan sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Meskipun dalam pagelaran Asian Games ke-18 itu masih terdapat beberapa masalah seperti distribusi tiket serta tuduhan kecurangan wasit di cabang olahraga pencak silat, tetapi Imam pecaya Olimpiade 2032 merupakan target realistis untuk Indonesia.


"Realistis, kita semua belajar dari Asian Games 2018, mana yang perlu dievaluasi sehingga lebih baik lagi. Indonesia masih punya waktu," ujar Imam, Rabu (5/9).

Salah satu cara Indonesia mewujudkan mimpi menggelar Olimpiade sebagai multi-cabang terbesar di dunia itu adalah dengan melobi negara-negara anggota IOC. Indonesia juga akan melakukan 'kampanye' di Olimpiade 2020 di Tokyo soal kesuksesan menggelar Asian Games 2018.

Velodrom di Rawamangun bisa menggelar kejuaraan dunia dan Olimpiade.Velodrome di Rawamangun bisa menggelar kejuaraan dunia dan Olimpiade. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Imam menyebut pihaknya tengah menggelar evaluasi Asian Games 2018. Setelah sukses secara penyelenggaraan dan prestasi di Asian Games 2018, Kemenpora ingin Indonesia sukses dalam administrasi atau laporan keuangan lantaran pelaksanaan multi-cabang terbesar di Asia itu menggunakan anggaran negara atau APBN.

Imam juga mengatakan Indonesia akan mempersiapkan untuk kejuaraan-kejuaraan yang bisa digelar di Tanah Air guna menuju Olimpiade 2032. Salah satu alasannya, beberapa venue Asian Games 2018 seperti Jakarta International Velodrome hingga danau di Jakabaring Sport City dianggap memenuhi standar untuk kejuaraan dunia.

"Karena saat ini Indonesia benar-benar sudah jadi perbincangan dunia. Kesan bagus yang sudah ada saat ini harus dipertahankan, ditingkatkan, dan Indonesia sudah siap jadi tuan rumah apa pun," ucap Imam. (jun)