Menpora Target Indonesia di Peringkat Tujuh Asian Para Games

Surya Sumirat, CNN Indonesia | Rabu, 05/09/2018 16:49 WIB
Menpora Target Indonesia di Peringkat Tujuh Asian Para Games Imam Nahrawi berharap Indonesia menempati tujuh besar klasemen medali Asian Para Games 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Imam Nahrawi berharap kontingen Indonesia bisa menempati peringkat tujuh besar klasemen medali Asian Para Games 2018 yang digelar di Jakarta pada 6-13 Oktober 2018.

Bagi Imam Nahrawi, menjadi juara umum di ASEAN Para Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia, menjadi modal penting bagi Indonesia untuk Asian Para Games edisi ketiga ini.

Menurut Menpora, pada saat ASEAN Para Games tahun lalu awalnya Indonesia hanya membidik peringkat kedua. Tetapi ia memberikan tantangan untuk menjadi juara umum. Tantangan itu pun bisa diwujudkan kontingen Indonesia dengan mengumpulkan 250 medali: 126 emas, 75 perak, dan 50 perunggu untuk keluar sebagai juara umum.


"Kami harapkan setidaknya Indonesia berada di tujuh besar, semoga bisa 16 sampai 18 medali emas," ujar Imam Nahrawi, Rabu (5/9).

Indonesia selalu mengikuti Asian Para Games sejak kali pertama digulirkan pada 2010 di Guangzhou, China. Ketika itu Tim Merah Putih menempati peringkat ke-14 klasemen medali dengan meraih 1 emas, 5 perak, dan 5 perunggu.

Bulutangkis menjadi salah satu cabor andalan Indonesia di Asian Para Games 2018.Bulutangkis menjadi salah satu cabor andalan Indonesia di Asian Para Games 2018. (Detikcom/Rifkianto Nugroho)
Pada empat tahun berikutnya Indonesia mengalami peningkatan prestasi dengan menduduki posisi kesembilan usai meraih 9 emas, 7 perak, dan 18 perunggu.

Target berada di tujuh besar klasemen medali bukan angan-angan semata. Pasalnya, kontingen Indonesia suah melakukan pemetaan kekuatan untuk bisa mencapai target tersebut.

Beberapa cabang olahraga yang diandalkan Tim Merah Putih untuk mendulang medali emas adalah atletik, bulutangkis, tenis meja, dan akuatik.

"Persaingan dengan negara-negara peserta sudah kami petakan. Motivasi [usai juara umum ASEAN Para Games 2017] ini belum padam, apalagi mereka bertanding di kandang sendiri," ucap Menpora dalam tayangan After10 di CNN INdonesia. (bac)