Keisuke Honda Mulai Latih Timnas Kamboja Jelang Piala AFF

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Kamis, 06/09/2018 14:25 WIB
Keisuke Honda Mulai Latih Timnas Kamboja Jelang Piala AFF Keisuke Honda memilih menjadi pelatih timnas Kamboja meski belum resmi pensiun. (Jason Reed)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain sepak bola timnas Jepang Keisuke Honda yang menjabat sebagai manajer umum dan pelatih di timnas Kamboja sudah memimpin latihan skuat berjuluk Angkor Warrior di Phnom Penh menjelang Piala AFF 2018.

Honda yang pernah mengenakan seragam CSKA Moskow dan AC Milan sebenarnya masih berstatus sebagai pemain di klub Melbourne Victory di Australia. Namun, pada Agustus lalu pemain 32 tahun itu juga menyepakati pekerjaan sebagai juru latih di Kamboja.

Pada kesempatan pertama menangani timnas Kamboja, Selasa (4/9), Honda menginstruksikan para pemain untuk menjalani gim internal dan kemudian memantau serta mencatat pergerakan, gaya main, dan karakteristik masing-masing pemain.


Seperti dilansir NHK, Honda kemudian mengatakan kepada media bahwa pemain-pemain timnas Kamboja memiliki semangat yang sangat baik. Pesepakbola yang khas dengan rambut pirang itu menegaskan tujuan utamanya adalah untuk membangun cara bermain timnas Kamboja dan mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain.

Timnas Kamboja berhadapan dengan Timnas Indonesia dalam laga uji tanding tahun 2017.Timnas Kamboja berhadapan dengan Timnas Indonesia dalam laga uji tanding tahun 2017. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pertandingan pertama Honda sebagai pelatih adalah laga persahabatan timnas Kamboja menghadapi Malaysia di Phnom Penh pada Senin (10/9). Laga tersebut merupakan salah satu persiapan Kamboja menghadapi Piala AFF 2018. Selain menghadapi Malaysia, salah satu kesebelasan medioker di kawasan Asia Tenggara tersebut juga akan menghadapi Singapura pada 16 Oktober.

Pada Piala AFF 2018 yang akan berlangsung November mendatang, Kamboja akan berada di Grup A bersama dengan Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Laos.

Sebelum menjadi pelatih timnas Kamboja, Honda sudah lebih dulu akrab dengan persepakbolaan di Kamboja. Pemain yang pernah mengenakan seragam bernomor punggung 10 di AC Milan itu pernah membuka akademi sepak bola di negara Indochina tersebut.

Selain itu Honda juga menjabat sebagai presiden tim Soltilo Angkor FC, salah satu kesebelasan yang menghuni kompetisi sepak bola level teratas di Kamboja. (har)