Menpora Pastikan Tiket Asian Para Games Gratis untuk Difabel

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 07/09/2018 14:45 WIB
Menpora Pastikan Tiket Asian Para Games Gratis untuk Difabel Para atlet difabel tengah menjalani pemusatan latihan di Solo. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memastikan para difabel bisa menonton Asian Para Games 2018 secara gratis. Mereka bisa menyaksikan semua pertandingan yang akan dimulai pada 6-13 Oktober di Jakarta.

"Yang pasti tiket gratis bagi difabel," kata Imam di Kompleks Istana Bogor, Jumat (7/9).

Imam menyatakan pembagian tiket gratis nantinya melibatkan komunitas-komunitas difabel sehingga tiket bisa diterima di tangan yang tepat.


Para komunitas akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah dan panitia penyelenggara kepada penyandang disabilitas mulai dari pendaftaran hingga pendampingan masuk venue.

Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas Jumat pagi, seluruh jajaran harus mempermudah akses difabel yang akan menonton pertandingan langsung Asian Para Games 2018.

Atlet balap kursi roda Jainal Aripin.Atlet balap kursi roda Jainal Aripin. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari mengatakan komunitas-komunitas yang dipilih merupakan data dari Kementerian Sosial agar target tiket tepat.

"Kalau yang secara fisik bisa mudah diidentifikasi, tapi kalau tunarungu, tunawicara kan sulit dijustifikasi," kata Okto.

Ia turut menjelaskan harga tiket pembukaan Asian Para Games lebih murah dari Asian Games. INAPGOC menyatakan akan benar-benar menghitung harga tiket supaya tetap terjangkau dan membuat sistem sehingga tidak disalahgunakan oknum tertentu. 
"Awalnya kami buat lebih murah tapi takutnya nanti tiket diborong dari kelompok tertentu dan bisa dijual kembali dengan harga sangat mahal," tuturOkto. (jun/har)