Jejak Erick Thohir di Lima Klub Olahraga Ternama

Jun Mahares, CNN Indonesia | Jumat, 07/09/2018 18:47 WIB
Jejak Erick Thohir di Lima Klub Olahraga Ternama Erick Thohir sedikitnya pernah membeli lima klub olahraga. (REUTERS/Aly Song)
Jakarta, CNN Indonesia -- Erick Thohir dikenal sebagai pengusaha yang lebih banyak fokus berinvestasi di bidang olahraga. Sedikitnya ada lima klub olahraga ternama yang pernah dan masih dikuasai bos Mahaka Grup tersebut.

Sebelum membeli sejumlah klub sepak bola dan basket, Erick memang sudah aktif di berbagai organisasi olahraga. Ia pernah menjabat Ketua Umum PERBASI periode 2006-2010 dan Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA).

Erick juga pernah dipercaya menjadi Komandan Kontingen Indonesia untuk Olimpiade 2012 di London. Belum lama ini, Erick juga didapuk sebagai ketua pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC).


Berikut sejumlah klub yang pernah dikuasai Erick Thohir:

1. Philadelphia 76ers (NBA)

Pada 2012, Erick resmi menjadi orang Asia pertama yang pernah memiliki tim bola basket NBA ketika ia membeli saham Philadelphia 76ers melalui sebuah grup yang dipimpin Joshua Harris dari Comcast-Spectacor.

Erick Thohir beli saham Philadelphia 76ers.Erick Thohir beli saham Philadelphia 76ers. (REUTERS/Bill Streicher)
Grup yang dipimpin Harris berisi banyak pihak. Dua di antaranya adalah orang Indonesia yakni Erick dan Handy Soetedjo. Mereka menjadi orang Asia pertama yang memiliki klub NBA.

Namun, setahun kemudian saham sebanyak 15 persen yang dimiliki dijual untuk membeli saham klub raksasa Italia Inter Milan.

2. DC United (MLS)

Pembelian DC United hampir bersamaan dengan peresmian kepemilikan Philadelphia 76ers. Erick bersama Levien membeli 78 persen saham klub Major League Soccer (MLS), DC United pada 10 Juli 2012.

Namun pada awal Agustus silam Erick melepaskan saham miliknya kepada Levien yang disokong oleh beberapa investor lainnya seperti Stephen Kaplan, Al Tylis, Ed Shapiro, Robert Hernreich, Romie Chaudhari, dan Daniel Gilbert. Kini Levien dkk kini memiliki kendali penuh atas klub tersebut.

3. Inter Milan (Liga Italia)

Keputusan Erick untuk membeli saham Inter Milan pada tahun 2013 benar-benar langkah mengejutkan. Terlebih ia menguasai saham mayoritas (70 persen) yang sebelumnya digenggam presiden klub Massimo Moratti.

Erick Thohir kini masih memiliki 31 persen saham Inter Milan.Erick Thohir kini masih memiliki 31 persen saham Inter Milan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Pada 2016, Erick melepas status sebagai pemegang saham mayoritas Inter kepada Grup Suning dari China. Saat ini Erick sendiri masih memiliki 31 persen saham klub dan masih menjabat sebagai presiden.

4. Satria Muda (NBL)

Erick memang seorang penggila basket. Tak heran jika ia rela mendirikan klub Satria Muda. Awalnya dikenal sebagai Satria Muda Mahaka dan mengikuti Liga basket pertama Kobatama pada 1993.

Berada di tangan Erick Thohir, Satria Muda berulang kali menjadi juara basket di Indonesia.

5. Persib Bandung (Liga 1 2018)

Selain membeli saham klub di luar negeri, Erick juga memiliki jabatan penting di Persib Bandung. Yakni sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat.

Persib Bandung jadi salah satu tim Liga 1 yang paling sehat secara finansial.Persib Bandung jadi salah satu tim Liga 1 yang paling sehat secara finansial. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
Belakangan, tim Maung Bandung dikenal sebagai klub profesional yang jarang terbentur persoalan keuangan. Sempat membuat terobosan dengan mendatangkan mantan pemain Chelsea, Michael Essien, namun kebijakan ini dianggap sebagai pembelian gagal. (har)