PT LIB Tolak Permohonan Pengunduran Jadwal Persib vs Arema

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Sabtu, 08/09/2018 16:48 WIB
PT LIB Tolak Permohonan Pengunduran Jadwal Persib vs Arema Persib akan menjamu Arema pada pekan ke-21 Liga 1 2018 yang berlangsung Kamis (13/9). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama/18)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Liga Indonesia Baru (LIB) menolak surat permohonan Arema FC yang ingin mengundurkan jadwal pertandingan lawan Persib Bandung dalam laga lanjutan Liga 1 2018.

Arema meminta laga melawan Persib yang dijadwalkan berlangsung Kamis (13/9) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api diundur satu hari lantaran kehilangan empat pemain andalan yang mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Empat pemain Arema yang dipanggil Timnas Indonesia adalah Bagas Adi, Hanif Sjahbandi, Alfin Tuasalamony, dan Dedik Setiawan.


"Iya [PT LIB] sudah terima [surat Arema] juga. Sudah kami balas, tidak dapat memenuhi permohonan mereka. Pindah jadwal ada efeknya juga dengan pertandingan lain dan juga siaran langsung televisi," kata Chief Operating Officer (COO) PT LIB Tigor Shalomboboy kepada CNNIndonesia.com pada Sabtu (8/9).

"Sementara jadwal liga saat ini sudah padat, sulit apabila dilakukan perubahan lagi. Kecuali alasan yang sifatnya mendesak," katanya menambahkan.

Sebelumnya, manajer Ruddy Widodo sebetulnya mengakui pihaknya pesimistis dengan surat yang dikirim kepada PT LIB. Akan tetapi, ia mengatakan yang penting pihaknya sudah berusaha.

Arema FC dan Persib Bandung bermain imbang 2-2 dalam putaran pertama Liga 1 2018.Arema FC dan Persib Bandung bermain imbang 2-2 dalam putaran pertama Liga 1 2018. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/ama/18)
"Empat pemain kami berkontribusi ke timnas, tapi tanggal 13 ada jadwal Persib di Bandung. Kalau yang diundur hanya Persib, recovery kami tidak akan cukup dan akan kena dampak ketika lawan Madura [United] pada 17 September dan Persipura [Jayapura] pada 22 September . Biar aman, diundur satu hari semua mungkin bagus," ucap Ruddy.

"Dicadangkan atau tidak keempat pemain itu urusan tim pelatih. Pengiriman surat pengunduran jadwal ini juga berdasarkan masukan tim pelatih," ucapnya melanjutkan.

Lebih lanjut, Ruddy menyampaikan pihaknya sesungguhnya tidak akan mengalami masalah jika hanya tiga pemain yang dipanggil.

"Tapi kebetulan [bek Arema, Johan Ahmat] Farizi cedera, sehingga kebetulan stok tim saat ini tidak siap. Maka dari itu kami kirim surat. Kalau surat tersebut ditolak, ya pintar-pintar tim pelatih saja bagaimana," ujar dia.

Posisi Arema dalam klasemen sementara Liga 1 berada di urutan ke-14 dengan perolehan 25 poin. Tim asuhan Milan Petrovic ini terpaut 10 poin dari Persib yang berada di puncak klasemen. Kendati begitu, Ruddy optimistis Arema dapat lolos dari degradasi.

"Hitung-hitungan saya, kalau Arema bisa sapu bersih laga kandang di sisa pertandingan Liga 1, insya Allah berada di papan tengah," ujarnya kembali. (nva)