Raih Gelar AS Terbuka, Djokovic Utang pada Federer dan Nadal

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Senin, 10/09/2018 12:22 WIB
Raih Gelar AS Terbuka, Djokovic Utang pada Federer dan Nadal Trofi ketiga Novak Djokovic di AS Terbuka menjadi gelar grand slam ke-14 bagi petenis Serbia itu. (REUTERS/Geoff Burke-USA TODAY Sports)
Jakarta, CNN Indonesia -- Novak Djokovic merasa berutang kepada Roger Federer dan Rafael Nadal setelah berhasil meraih gelar Amerika Serikat Terbuka 2018 atau gelar ke-14 di ajang Grand Slam.

Kemenangan 6-3, 7-6 (7-4), dan 6-3 atas Juan Martin Del Potro memastikan Djokovic meraih gelar ketiga di AS Terbuka. Petenis Serbia itu kini sudah mengoleksi 14 gelar Grand Slam.
Selain tiga gelar di AS Terbuka, Djokovic juga merupakan pengumpul enam gelar Australia Terbuka, empat gelar Wimbledon, dan satu gelar Prancis Terbuka.

Djokovic pun tercatat sebagai salah satu pemain aktif yang sukses di lapangan tenis saat ini. Djokovic terpaut tiga gelar dari Nadal dan enam gelar dari Federer.


Dalam daftar peringkat ATP saat ini, Djokovic juga berada di bawah Nadal dan Federer. Petenis 31 tahun itu sempat menempati peringkat pertama dunia, namun konsistensi Djokovic di posisi satu dunia sempat terganggu cedera bahu dan masalah kepercayaan diri sesaat setelah ia pulih.
Novak Djokovic Kalahkan Juan Martin Del Potro di final AS Terbuka 2018.Novak Djokovic Kalahkan Juan Martin Del Potro di final AS Terbuka 2018. (REUTERS/Danielle Parhizkaran-USA TODAY Sports)
"Mungkin 10 tahun lalu saya mengatakan tidak senang berada di era sekarang bersama Nadal dan Federer. Hari ini saya bersaing dengan mereka, bertanding dengan Federer dan Nadal, membuat saya seperti sekarang, membentuk saya seperti saat ini. Saya berutang pada mereka," kata Djokovic usai meraih kemenangan di final AS Terbuka dilansir AFP.
Saat ini jumlah gelar Djokovic sama dengan idolanya yang sempat merajai arena tenis dunia pada tahun 1990-an, Pete Sampras.

"Pete Sampras adalah salah satu legenda besar tenis. Dia dalah idola masa kecil saya. Dia adalah anutan saya. Kali pertama menonton tenis di televisi adalah ketika dia meraih gelar pertama atau kedua di Wimbledon. Itu merupakan hal yang menginspirasi saya untuk bermain tenis," ucap Djokovic. (jun)