Dikalahkan Timnas Indonesia, Ketakutan Filho Jadi Kenyataan

Titi Fajriyah, CNN Indonesia | Selasa, 11/09/2018 19:25 WIB
Dikalahkan Timnas Indonesia, Ketakutan Filho Jadi Kenyataan Evan Dimas Darmono kembali mendapat pujian dari pelatih timnas Mauritius Francisco Filho (tengah). (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Cikarang, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Mauritius Francisco Filho kembali memuji Evan Dimas Darmono setelah dikalahkan Timnas Indonesia 0-1 pada laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (11/9).

Gol telat Evan Dimas pada menit ke-89 memastikan kemenangan Timnas Indonesia atas Mauritius. Sebelum gol Evan Dimas, Timnas Indonesia sempat dibuat frustrasi oleh permainan bertahan Mauritius dan penampilan apik kiper Jean-Louis Kevin.

Ketakutan Filho terhadap permainan Evan Dimas menjadi kenyataan. Sebelumnya dalam konferensi pers jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Mauritius, Senin (10/9), Filho menganggap Evan Dimas sebagai 'nyawa' permainan Timnas Indonesia dan salah satu pemain yang harus diwaspadai Mauritius.


"Saya sudah kasih tahu kemarin [soal ancaman Evan Dimas]. Evan bermain bagus dari menit pertama hingga terakhir, dia yang memulai pergerakan, dia juga yang membuat gol. Kami pikir menit 89 pertandinga sudah berakhir, ternyata Evan Dimas ada di situ dan dia mencetak gol. Evan Dimas pemain yang sangat bagus," ujar Filho usai pertandingan.

Francisco Filho (kedua dari kiri) memuji penampilan Evan Dimas Darmono.Francisco Filho (kedua dari kiri) memuji penampilan Evan Dimas Darmono. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Lebih lanjut Filho menganggap Timnas Indonesia berhak meraih kemenangan, terutama setelah mendominasi permainan di babak kedua. Filho juga mengaku kagum dengan suporter Timnas Indonesia yang hadir di Stadion Wibawa Mukti.

"Kami berhasil menahan dengan cara kami. Menit-menit terakhir kami membuat kesalahan. Pemain Indonesia sangat bagus, cepat, dan memiliki variasi serangan bagus. Kami beruntung kiper kami tampil bagus malam ini. Kami kebobolan di menit 89, tapi sebenarnya mereka punya banyak peluang," ucap Filho.

Evan Dimas kembali mendapat pujian dari Francisco Filho.Evan Dimas kembali mendapat pujian dari Francisco Filho. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
"Timnas Indonesia berhak menang karena memang mereka bermain lebih bagus dari kami. Saya juga sangat menikmati pertandingan karena di akhir tadi ada nyanyi-nyanyian [dari suporter Timnas Indonesia]," sambung pelatih asal Brasil tersebut.

Filho juga menyakini Timnas Indonesia memiliki masa depan yang cukup cerah. Filho menganggap Timnas Indonesia sudah menampilkan permainan sepak bola modern.

"Timnas Indonesia punya serangan bagus, di tengah bagus, belakang bagus, tidak terburu-buru. Pergerakan Indonesia sangat baik dan menciptakan banyak peluang, meski hari ini hanya cetak satu gol. Timnas Indonesia tim muda dengan banyak potensi dan sangat bagus," ucap Filho.

"Sepak bola Indonesia sudah bagus. Bukan posisi saya kasih opini. Saya bilang sepak bola Indonesia terlihat modern. Lini depan baik, tengah apik, dan belakang kompak," ujar Filho menambahkan. (har)