Menpora: Saya Setuju Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2018

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Rabu, 12/09/2018 22:10 WIB
Menpora: Saya Setuju Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2018 Kemenpora siap membantu pendanaan untuk PSSI. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi ingin Timnas Indonesia juara Piala AFF 2018 yang digelar 8 November sampai 15 Desember mendatang.

Saat ini Timnas Indonesia tengah dalam masa persiapan menuju Piala AFF 2018. Namun, kurang dari dua bulan jelang turnamen di tingkat ASEAN tersebut skuat Garuda masih belum memiliki pelatih kepala.

"Kalau saya setuju Timnas Indonesia jadi juara," kata Imam kepada para awak media di Gandaria City pada Rabu (12/9) saat ditanya pelatih lokal atau asing yang tepat untuk Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2018.


Saat ini Luis Milla yang menjadi pelatih kepala untuk Timnas Indonesia ketika Asian Games 2018 tengah pulang kampung ke Spanyol dan belum menentukan nasibnya untuk kembali ke Indonesia.

PSSI sudah menawarkan perpanjangan kontrak satu tahun kepada Milla, namun mantan pemain Barcelona dan Real Madrid itu belum memberikan jawaban.

Menpora ingin Timnas Indonesia juara Piala AFF 2018.Menpora ingin Timnas Indonesia juara Piala AFF 2018. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
"Tanya Ketua Umumnya, kok [tanya] saya. Yang pasti pemerintah sudah menganggarkan seluruh cabang olahraga, termasuk PSSI sebesar belasan miliar untuk digunakan Timnas Indonesia dalam kepentingan Asian Games kemarin," Imam menuturkan.

Sebelumnya, tersiar juga kabar Milla yang tidak digaji selama dua bulan selama menangani Timnas Indonesia. Menpora mengatakan hal jtu menjadi urusan cabang olahraga terkait.

"Yang penting pemerintah sudah memberikan kewajibannya. Silakan kelola [dana pemerintah] dengan baik, penuhi semua hak pemain dan pelatih biar ada berkahnya. Kami memberikan secara utuh kepada cabang olahraga, silakan cabang olahraga mengelola dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pemain, ofisial, pelatih, manajer, alat, pemusatan latihan, gizi, psikologi, nutrisi, dan sebagainya," ucap Imam.

"Kalau toh butuh tambahan lagi, kami akan bantu nanti. Silakan PSSI ajukan surat" ujar Imam menambahkan.

Di sisi lain, rumor calon pengganti Milla kian berkembang di media sosial. Bima Sakti, Widodo Cahyono Putro, Simon McMenemy, Jacksen F. Thiago, Mario Gomez, dan Rahmad Darmawan adalah sejumlah nama yang berkembang di dunia maya. (sry/har)