Fajar/Rian Melaju, Ahsan/Hendra Mundur dari Jepang Terbuka

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Kamis, 13/09/2018 13:26 WIB
Fajar/Rian Melaju, Ahsan/Hendra Mundur dari Jepang Terbuka Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengalahkan pasangan Taiwan di babak 16 besar Jepang Terbuka 2018. (ANTARA FOTO/INASGOC/Hadi Abdullah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meneruskan langkah ke babak perempat final Jepang Terbuka 2018, sementara Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan mundur.

Dua pasangan ganda putra Indonesia mengalami nasib berbeda. Duet senior yang merupakan ganda putra terbaik Indonesia pada periode 2012-2016 dan kembali dipasangkan pada tahun ini harus mundur lantaran Ahsan mengalami cedera pinggang.

Mundurnya Ahsan/Hendra membuat pasangan China Li Junhui/Liu Yuchen melaju ke babak perempat final dan akan berhadapan dengan Fajar/Rian.


"Tadi pagi setelah sarapan terasa sakit di pinggang dan menjalar ke perut. Saya sudah minum obat tetapi masih terasa sakit sampai sekarang. Sepertinya ini cedera yang lama, tapi rasa sakitnya beda," ucap Ahsan dilansir dari rilis resmi PBSI.

Sementara peraih perak bulutangkis sektor ganda putra Fajar/Rian mengikuti langkah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang sudah lebih dulu memastikan tempat di babak perempat final.

Fajar/Rian mengalahkan ganda putra nomor dua Taiwan Lee Jhe-Huei/Lee Yang dalam pertandingan straight game berdurasi 35 menit.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke perempat final Jepang Terbuka 2018.Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke perempat final Jepang Terbuka 2018. (ANTARA FOTO/INASGOC/Nafielah Mahmudah)
Pebulutangkis pelatnas PBSI itu tampil konsisten di gim pertama. Setelah memimpin 4-2, Fajar/Rian memperlebar jarak menjadi 8-4 dan menutup interval dengan skor 11-7. Fajar/Rian yang sempat terpaku di angka 12 berhasil bangkit dan menyudahi gim pertama dengan skor 21-14.

Gim kedua berjalan lebih ketat. Fajar/Rian dan Lee/Lee bergantian memimpin sejak awal. Lee/Lee yang unggul 4-2 dan 6-5 tidak mampu mempertahankan keunggulan setelah Fajar/Rian membalikkan skor menjadi 7-6.

Pasangan Merah Putih mampu menjaga keunggulan hingga interval meskipun lawan terus menempel ketat. Keunggulan sempat melebar menjadi 16-10, namun Lee/Lee mengejar dan hanya tertinggal satu angka.

Fajar/Rian kembali meraih poin dan membukukan poin 18-15. Jarak kedua pasangan sempat mendekat menjadi 19-18, hingga akhirnya Fajar/Rian menang 21-18.

Salah satu wakil Indonesia di sektor tunggal putri Lyanny Alessandra Mainaky gagal melangkah ke babak perempat final setelah kalah 11-21 dan 14-21 dari Aya Ohori. (bac)


BACA JUGA