Fajar/Rian Kalah di Perempat Final Jepang Terbuka 2018

Nova Arifianto, CNN Indonesia | Jumat, 14/09/2018 14:04 WIB
Fajar/Rian Kalah di Perempat Final Jepang Terbuka 2018 Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mengikuti langkah Kevin/Marcus yang melaju ke semifinal Jepang Terbuka 2018. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengalami kekalahan dalam laga tiga set dari pasangan China Li Junhui/Liu Yuchen pada babak perempat final Jepang Terbuka 2018 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jumat (14/9).

Fajar/Rian dan Li/Liu sudah bergantian memimpin perolehan angka sejak laga dimulai. Ganda putra peringkat dua nasional unggul 2-1, 3-2, dan 5-4. Ketika Li/Liu menyamakan kedudukan menjadi 5-5, Fajar/Rian gagal menyamakan skor hingga peringkat kedua dunia itu memimpin 11-7 pada interval.
Laju Li/Liu tidak dapat dihentikan sampai satu poin menjelang game point. Fajar/Rian mampu meraih tiga poin beruntun dan membalikkan keadaan menjadi 20-19. Namun sebuah kesempatan untuk mengakhiri laga tidak berhasil dimanfaatkan.

Setelah kedudukan 20-20, Fajar/Rian gagal menambah poin dan harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 20-22.


Pada gim kedua Li/Liu selalu memimpin perolehan poin-poin awal. Tetapi Fajar/Rian berhasil mengejar dan berbalik unggul ketika angka di papan skor menunjukkan poin 11-10. Setelah istirahat di tengah gim, Fajar/Rian melanjutkan penampilan impresif mereka dan memperlebar keunggulan.

Sempat unggul 15-11, 17-12, dan 18-13, poin pasangan peringkat delapan dunia itu mandek. Lima poin yang diperoleh Li/Liu membuat skor menjadi imbang 18-18.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal memperoleh tiket semifinal Jepang Terbuka 2018.Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal memperoleh tiket semifinal Jepang Terbuka 2018. (ANTARA FOTO/INASGOC/Nafielah Mahmudah)
Fajar/Rian berhasil menang setelah merebut poin-poin kritis dan memaksa pertandingan berlanjut ke gim ketiga dengan kemenangan 21-18 di gim kedua.

Seperti di gim kedua, Li/Liu langsung memimpin laga di gim penentuan. Sempat memperkecil jarak menjadi 3-4, Fajar/Rian kembali tertinggal jauh dan gagal menyalip perolehan poin. Skor 11-6 menandai interval gim ketiga.
Li/Liu tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk memimpin lebih jauh. Marjin di antara kedua pasangan pun menjauh hingga skor 12-21 memastikan terhentinya langkah Fajar/Rian.

Kekalahan Fajar/Rian membuat Indonesia hanya menempatkan satu wakil ganda putra di babak semifinal Jepang Terbuka 2018 atas nama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang melaju ke babak empat besar setelah mengalahkan wakil Belanda Jelle Maas/Robin Tabeling. (har)


BACA JUGA