Korsel dan Korut Saingi Indonesia untuk Gelar Olimpiade 2032

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/09/2018 16:03 WIB
Korsel dan Korut Saingi Indonesia untuk Gelar Olimpiade 2032 Presiden Korsel Moon Jae-in (kiri) dan Pemimpin Korut Kim Jong-un sepakat kedua negara menjadi kandidat tuan rumah bersama Olimoiade 2032. (Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) bersepakat untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 sekaligus menjadi pesaing Indonesia.

Persetujuan itu terjalin setelah pertemuan dua pemimpin Korea di Pyongyang, antara Presiden Korsel Moon Jae-in dan Pemimpin Korut Kim Jong-un, Rabu (19/9).
Dikutip dari Yonhap News, kerja sama dalam olahraga ini merupakan bagian dari upaya bersama kedua negara untuk mempromosikan rekonsiliasi dan harmoni di Semenanjung Korea.

Menjadi tuan rumah gabungan untuk Olimpiade 2032 ini awalnya dicetuskan Menteri Olahraga Korea Selatan Do Jong-whan, pada pekan lalu di Tokyo, Jepang, di sela-sela pembicaraan dengan rekan-rekannya dari Jepang dan China.


Tuan rumah bersama Olimpiade edisi ke-35 nanti juga akan menjadi perkembangan positif dalam sejarah olahraga kedua negara. Sebelumnya di Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyongChang, kedua negara menggabungkan diri dalam tim hoki putri.

Kontingen Korea Bersatu menempati peringkat ke-28 klasemen medali Asian Games 2018.Kontingen Korea Bersatu menempati peringkat ke-28 klasemen medali Asian Games 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Tim hoki putri itu pun menjadi tim Korea Bersatu pertama dalam sejarah Olimpiade, baik di musim dingin atau musim panas. Tim Korea Bersatu itu kembali berlanjut pada Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Indonesia.

Pada Asian Games edisi ke-18 tersebut Korea Bersatu ikut dalam dua cabang olahraga, bola basket dan dayung. Di cabor bakset Korea Bersatu mengirimkan wakilnya untuk nomor basket putri sedangkan di cabor dayung mereka tampil dibeberapa nomor seperti kano sprint, kayak sprint, dan rowing.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 di hadapan Presiden IOC Thomad Bach.Presiden Joko Widodo mengungkapkan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 di hadapan Presiden IOC Thomad Bach. (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Menariknya di Asian Games 2018 lalu Korea Bersatu sukses memboyong empat medali: 1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu dengan menempati peringkat ke-28 klasemen medali. Satu-satunya medali emas untuk Korea Bersatu itu diraih dari cabang olahraga dayung nomor perahu naga 500 meter putri.

Pencalonan Korea Selatan dan Korea Utara sebagai tuan rumah bersama Olimpiade 2032 ini akan menjadi pesaing bagi Indonesia. Setelah kesuksesan menggelar Asian Games 2018 Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach saat berkunjung ke Istana Bogor pada 1 September. Keinginan Indonesia itu mendapat sambutan positif dari Thomas bach.

"Dengan pengalaman yang kami miliki di Asian Games 2018 ini, maka Indonesia yakin untuk juga bisa dan mampu menjadi tuan rumah perhelatan yang lebih besar. Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya untuk menjadi kandidat tuan rumah Olimpiade tahun 2032," jelas Jokowi di Istana Bogor, Sabtu (1/9). (sry/jun)