Laporan dari Malaysia

4 Faktor Penting Laga Timnas Indonesia U-16 vs Iran

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 13:54 WIB
4 Faktor Penting Laga Timnas Indonesia U-16 vs Iran Fakhri Husaini menekankan empar faktor penting jelang lawan Iran. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Selangor, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini menekankan empat faktor penting yang akan menentukan hasil akhir pertandingan kontra timnas Iran di Piala Asia U-16 2018.

Sehari menjelang laga perdana skuat Garuda Asia, Fakhri mengakui anak asuhnya berada dalam kondisi yang baik. Tetapi mantan pemain Pupuk Kaltim itu menegaskan Amanar Abdillah dan kawan-kawan harus memperhatikan empat aspek penting.

"Pertandingan besok adalah pertandingan tentang empat aspek. Selain aspek fisik, ada pemahaman taktik, teknik, dan mental. Empat aspek itu yang akan menentukan hasil pertandingan besok melawan Iran," jelas Fakhri usai konferensi pers Grup C Piala Asia U-16.


Pemusatan latihan yang telah dilakukan Timnas Indonesia U-16 sejak akhir Agustus termasuk menggelar tiga laga uji tanding dianggap bukan keuntungan.

Sebab, pasukan Garuda Asia tidak mendapat kesempatan menjajal lapangan Stadion Bukit Jalil yang akan digunakan dalam laga Jumat (20/9).

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Iran di laga perdana Piala Asia U-16.Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Iran di laga perdana Piala Asia U-16. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Fakhri mengakui lokasi pertandingan di Malaysia hanya memberi keuntungan bagi timnya untuk melakukan aklimatisasi.

"Kalau adaptasi lapangan semuanya sama, kami juga dengan Iran tidak dapat lapangan yang akan digunakan besok. Kami tidak dapat uji coba lapangan. Ya kalau kami sih sama-sama. Kalau adaptasi cuaca kami memang dari tanggal 29. Tapi itu tidak signifikan, Indonesia dan Malaysia tidak berbeda," ucap pelatih asal Aceh tersebut.

Laga melawan Iran merupakan langkah pertama Timnas Indonesia U-16 meretas jalan menuju ke Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung tahun depan di Peru.

Berselang tiga hari setelah melawan Iran, Tim Merah Putih akan melawan salah satu rival asal Asia Tenggara, Vietnam. India akan menjadi lawan penutup pada 27 September.

Timnas Indonesia U-16 harus mencapai babak semifinal jika ingin tampil pada Piala Dunia junior. (nva)