LAPORAN DARI MALAYSIA

Menpora: Timnas Indonesia U-16 Seperti Real Madrid

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 22/09/2018 19:33 WIB
Menpora: Timnas Indonesia U-16 Seperti Real Madrid Menpora Imam Nahrawi menyebut permainan Timnas Indonesia U-16 menyerupai Real Madrid. (Dok. AFC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri pemuda dan olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi menilai permainan Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia U-19 menyerupai juara Liga Champions Real Madrid.

Imam yang menyaksikan langsung pertandingan Timnas Indonesia U-16 vs Iran U-16 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (21/9), mengaku terpesona dengan gaya main yang diperagakan anak asuh Fakhri Husaini.

Kekompakan tim ketika mengalahkan Iran menjadi hal yang mendapat perhatian lebih dari Imam yang merupakan penggemar Real Madrid.


"Saya merasakan bahwa penampilan Real Madrid maupun klub-klub eropa itu ditunjukkan Timnas U-16 kita. Dengan permainan yang begitu apik, rancak, kerja bareng, tanpa ego satu sama lain, betul-betul menghasilkan sebuah gebrakan yang mematahkan optimisme sekaligus keangkuhan dari Iran, saya rasa ini taktik yang luar biasa," kata Imam usai bertemu pemain Timnas Indonesia U-16 di hotel.
Imam Nahrawi memberikan pujian pada performa Timnas Indonesia U-16.Imam Nahrawi memberikan pujian pada performa Timnas Indonesia U-16. ( CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Imam menilai keutuhan dalam tim di luar lapangan, membuat Tim Garuda Asia dapat tampil baik di dalam lapangan. Peran orang tua dijalankan tim ofisial dan pelatih dalam melatih sekaligus mengasuh darah-darah muda.

"Kekuatan kebersamaan ada anak ada ayah itu yang menimbulkan suasana kegembiraan, suasana kekompakan yg luar biasa, saya melihat mereka bisa ketawa bareng, tepuk tangan bareng saling gojloki [becanda], tapi saling menghormati satu sama lain," ujar Menpora setelah secara langsung melihat senda gurau seluruh pemain dan ofisial Timnas Indonesia U-16.

"Dan [suasana kebersamaan] itu sudah menambah 50 persen dari energi skill di lapangan, kekompakan bersama. Tentu adik-adik kita masih umur 16 jauh dari ayah ibu, tapi ada pelatih yang menjadi ayah, ofisial yang menjadi pengganti orang tua mereka ini yang betul-betul saya senang sekali (melihatnya)," tambahnya.

Imam juga mendengar keinginan para pemain yang berhasrat bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo usai menunaikan tugas pada Piala Asia U-16 2018.
Timnas Indonesia U-16 punya kekompakan yang bagus di dalam maupun di luar lapangan.Timnas Indonesia U-16 punya kekompakan yang bagus di dalam maupun di luar lapangan. (CNN Indonesia/Nova Arifianto)
"Saya juga mendengar pertanyaan sekaligus harapan dari mereka sekiranya setelah dari AFC Cup ini mereka bisa diterima presiden. Tentu kami sanggupi dan bahkan saya akan menemani para pelatih dan anak-anak kita," kata Imam.


Selain keinginan berkunjung ke Istana Negara, pemain, pelatih, serta ofisial Timnas Indonesia U-16 juga menyampaikan keluh kesah lain seperti ketersediaan dan kelayakan lapangan sepak bola serta infrastruktur dan fasilitas lain yang menunjang pembinaan sepak bola di Indonesia. (nva/ptr)