Kalahkan Ronaldo dan Bale, Puskas Award Salah Jadi Polemik

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/09/2018 10:18 WIB
Kalahkan Ronaldo dan Bale, Puskas Award Salah Jadi Polemik Mohamed Salah raih penghargaan Puskas 2018. (Action Images via Reuters/John Sibley)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puskas Award 2018 yang diterima bintang Liverpool Mohamed Salah menjadi kontroversi lantaran banyak pihak menilai gol pemain lain lebih layak mendapat apresiasi itu.

Dalam malam The Best FIFA Football Awards 2018, gol Salah ke gawang Everton di Liga Primer Inggris pada musim lalu terpilih sebagai gol terbaik 2018. Salah pun mendapatkan Puskas Award 2018 oleh FIFA.

"Saya sangat senang dan bangga. Saya berterima kasih kepada semuanya yang memilih saya. Saya menginginkan penghargaan lainnya di malam ini," ucap Salah usai menerima Puskas Award 2018 dikutip dari Telegraph.


Keputusan itu menuai kritik dari sejumlah pihak. Sebagian besar dari mereka menilai gol-gol pemain lain lebih layak mendapatkan trofi Puskas 2018.

"Salah baru saja memenangi penghargaan Puskas bahkan bukan untuk gol yang terbaik, yang dicetak di pertandingan Liverpool," kata pemilik akun Andy Castell.

Gol Salah ke gawang Everton raih Puskas Award.Gol Salah ke gawang Everton pada musim lalu raih Puskas Award. (Reuters/Lee Smith)
Gol Salah itu tidak ubahnya tendangan melengkung kaki kiri dari sektor kanan serangan ke pojok kanan atas gawang Jordan Pickford. Setelah menerima umpan dari sisi kanan Salah bisa melewati dua pemain The Toffees lalu melepaskan tendangan kaki kiri melewati sela-sela pertahanan lawan.

Sedangkan di musim lalu terutama periode 3 Juli 2017 sampai 15 Juli 2018 yang menjadi penilaian untuk penghargaan ini banyak terjadi gol-gol yang dianggap lebih mengagumkan.

Mulai dari gol salto Gareth Bale di final Liga Champions 2018 ke gawang Liverpool, gol Cristiano Ronaldo di semifinal Liga Champions 2018 ke gawang Juventus, hingga gol gelandang Wolverhampton Wanderers dari jarak jauh ke gawang Derby County di Championship musim lalu.

Gol Gareth Bale di final Liga Champions 2018 tidak terpilih sebagai gol terbaik.Gol Gareth Bale di final Liga Champions 2018 tidak terpilih sebagai gol terbaik. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Dalam 10 daftar calon gol terbaik yang sudah ditentukan sejak 3 September 2018, gol salto Bale dan Ronaldo termasuk di dalamnya. Gol bek timnas Prancis Benjamin Pavard di Piala Dunia 2018 lalu juga ikut serta.

"Penghargaan ini kehilangan kredibilitasnya hari demi hari. Bagaimana bisa gol Salah melawan Everton memenangi Puskas, melawan salto CR7 dan Bale. Tendangan Pavard lebih bagus daripada gol Salah," Eniola Price menimpali.

Hanya saja, penentuan gol terbaik 2018 ini berdasarkan penilaian dari para juri yang terdiri dari legenda sepak bola seperti: Pablo Aimar, Iker Casillas, Miroslav Klose, Alex Scott, Aline Pellegrino, David Trezeguet, dan Marco van Basten. Sebelumnya gol-gol itu juga dipilih oleh para suporter. (sry/jun)