Laporan dari Malaysia

Timnas Indonesia U-16 Berharap Lawan India di Stadion Besar

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/09/2018 12:00 WIB
Timnas Indonesia U-16 Berharap Lawan India di Stadion Besar Timnas Indonesia U-16 berharap lawan India di stadion lebih besar. (Dok. AFC)
Selangor, CNN Indonesia -- Animo pendukung Timnas Indonesia U-16 pada Piala Asia U-16 2018 yang cukup tinggi membuat pelatih Fakhri Husaini berharap laga melawan Timnas India digelar di stadion yang berkapasitas lebih besar.

Dua kali berlaga di Stadion Bukit Jalil, Timnas Indonesia U-16 selalu didukung suporter dalam jumlah yang banyak. Pada laga pertama melawan Iran (21/9), tercatat ada 3.431 penonton yang hadir.

Jumlah penonton membludak menjadi 11.201 ketika Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi dan kawan-kawan bertemu Vietnam, Senin (24/9). Di laga ini Indonesia dipaksa bermain imbang 1-1 oleh Vietnam.


Pada laga menghadapi India, pihak panitia menetapkan Stadion Universiti Malaya (UM) Arena sebagai lokasi tanding. Kapasitas stadion yang hanya mampu menampung seribu penonton itu mengundang perhatian pelatih Fakhri.

"Saya lihat panitia harus memperhatikan antusiasme penonton cukup bagus. Ini bisa jadi masukan bagi panitia. Tentu tidak memungkinkan stadion yang kapasitasnya kecil menampung antusiasme pendukung kita yang berada di Malaysia maupun yang berasal dari Indonesia," kata pelatih yang sudah melatih Timnas Indonesia U-16 sejak 2015.

Animo suporter Timnas Indonesia U-16 tinggi di Malaysia.Animo suporter Timnas Indonesia U-16 tinggi di Malaysia. (Dok. AFC)
Fakhri juga sudah menyalurkan aspirasinya kepada Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria yang kerap hadir di Malaysia.

"Harusnya panitia bisa memastikan itu, saya kemarin sudah bicara dengan sekjen [PSSI, Ratu Tisha] agar kita bisa main di Stadion Bukit Jalil. Semoga ada komunikasi yang bagus antara PSSI dan panitia. karena kalau tetap di situ kasihan penonton karena enggak [semua] bisa nonton."

"Termasuk saya enggak tahu soal lapangan, kalo lapangan di [Stadion] UM dipakai terus di saat hujan. Kan beda dengan Stadion Bukit Jalil, infonya tanahnya lembek, tapi saya lebih melihat soal kapasitas [penonton]-nya," sambung Fakhri.

Kapasitas Stadion UM yang hanya berkapasitas seribu penonton berbanding jauh dengan Stadion Bukit Jalil yang mampu menampung lebih dari 87 ribu penonton.

AFC akan memastikan venue pertandingan setidaknya satu hari sebelum laga berlangsung. (nva/jun)